Balita Positif Corona di DIY, Dua Orang Lakukan Kontak Dekat

Petugas medis saat mengambil spesimen dari pasien suspect virus Corona Covid-19. (Ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid

VIVA – Seorang pasien balita berusia tiga tahun dinyatakan positif virus corona atau Covid-19. Pasien balita ini masih menjalani perawatan di ruang isolasi RSUP Dr Sardjito, Yogyakarta.

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

Terkait temuan pasien balita positif corona, juru bicara Pemprov DIY untuk Penanganan Covid-19, Berty Murtiningsih, menyebutkan Dinkes DIY sedang melakukan tracing terhadap kontak erat pasien balita positif virus corona itu.

"Dinkes telah melakukan tracing terhadap kontak erat kasus. Hasil tracing, ada dua orang kontak erat PDP di RS Sardjito dan masih dalam proses, menunggu hasil laboratorium," ujar Berty, Senin 16 Maret 2020.

Kasus COVID-19 di DKI Jakarta Naik Sejak November 2023

Berty mengungkapkan tracing juga dilakukan di RS PKU Muhammadiyah Kota Yogyakarta. Dari rekam medis diketahui pasien yang positif virus corona adalah pasien rujukan dari RS PKU Muhammadiyah Kota Yogyakarta.

"Di PKU (Muhammadiyah Kota Yogyakarta) juga dilakukan tracing," kata Berty.

Pakar Imbau, Waspadai Pandemi Disease X, Mematikan Dibanding COVID-19

Sebelumnya, Kepala Bidang Hukum dan Humas RSUP Dr Sardjito, Banu Hermawan, menerangkan jika pasien balita positif corona ini menjalani perawatan di ruang isolasi RSUP Dr Sardjito sejak Senin 9 Maret 2020. 

Kedua orangtua balita positif corona itu juga menjalani perawatan di ruang isolasi RSUP Dr Sardjito. Kedua orangtua, berstatus pasien dalam pengawasan (PDP).

Banu merinci saat awal dirawat di RSUP Dr Sardjito, pasien mengeluhkan demam tinggi, batuk dan sesak nafas. Banu mengungkapkan jika saat ini kondisi pasien balita positif virus corona ini kondisinya terus membaik.

"Hanya tinggal batuk-batuk ringan. Demam dan sesak nafasnya sudah tidak lagi. Mohon doanya supaya anak ini bisa dinyatakan sembuh," kata Banu.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya