Satu Penumpang Pesawat Cathay Pasific PDP Corona, 19 Dikarantina

Petugas medis saat mengambil spesimen dari pasien suspect virus Corona Covid-19. (Ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid

VIVA – Satu penumpang pesawat Chatay Pasific X 779 rute Hong Kong-Surabaya dirujuk ke RSUD dr Soetomo dan berstatus pasien dalam pengawasan atau PDP begitu mendarat di Bandara Internasional Juanda Surabaya, Jawa Timur, pada Selasa sore, 17 Maret 2020. Sementara 19 penumpang lainnya menjalani karantina selama 14 hari ke depan.

Ditemukan di Sejumlah Negara, Seberapa Bahaya Varian Baru Virus Corona Pirola?

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Surabaya di Juanda, Muhammad Budi Hidayat, mengatakan total jumlah penumpang dan kru pesawat tersebut sebanyak 75 orang. Semua penumpang adalah WNI. Pihak KKP menerima informasi adanya penumpang sakit sebelum pesawat mendarat di Bandara Juanda sekira pukul 17.46 WIB.

Begitu menerima informasi itu, Budi mengaku pihaknya langsung melakukan persiapan penanganan. Pesawat Cathay Pasific tersebut langsung diparkir di ujung landasan, jauh dari gedung terminal. Para penumpang dan kru pesawat langsung diperiksa kesehatannya. Hasilnya, satu penumpang yang sakit dirujuk ke RSUD dr Soetomo dan berstatus PDP. 

Gawat, Ratusan Kucing di Pulau Siprus Meninggal Akibat Coronavirus

Ada sembilan belas orang di pesawat tersebut yang dikarantina selama 14 hari ke depan karena diketahui berkontak erat dengan penumpang yang sakit. Sementara sisanya dipantau alias berstatus orang dalam pemantauan (ODP). "19 orang yang kita karantina, pesawatnya juga dikarantina," ucap Budi. 

Di bagian lain, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengonfirmasi bahwa RS Unair Surabaya kini menangani enam pasien dari total 172 pasien positif Corona sebagaimana diumumkan Kementerian Kesehatan per Selasa ini. Enam pasien positif Corona itu ialah semula bagian dari 16 PDP. "(Kalau) yang ODP jumlahnya 25 orang," katanya di Gedung Negara Grahadi Surabaya.

Warganet Heboh, The Simpsons Salah Tulis Pulau Kalimantan Jadi Singapura
Ilustrasi virus

Malaysia Detects Over 6000 Coronavirus Cases in a Week

The Malaysian Ministry of Health (MCH) detected 6,796 new cases of Covid-19 virus from November 26 to December 2, 2023 (ME 48/2023), an increase from the previous ME of 3

img_title
VIVA.co.id
12 Desember 2023