Tito Siapkan Gedung Diklat Kemendagri Tampung Pasien Corona Covid-19

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian
Sumber :
  • ANTARA FOTO

VIVA – Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian segera menyiapkan gedung dan prasarana Pusat Diklat Kemendagri yang tersebar di berbagai daerah untuk menampung pasien Covid 19 di daerah.

Malaysia Detects Over 6000 Coronavirus Cases in a Week

Hal itu sesuai dengan perintah khusus dari Presiden Joko Widodo kepada Mendagri. Tito mengaku telah merapatkan perintah presiden ini secara internal dan segera menindaklanjutinya.

"Kita memiliki gedung diklat yang bisa difungsikan untuk perawatan. Rata-rata jumlah room di provinsi besar bisa hingga 200 kamar, yang menengah sekitar 125 room dan daerah yang kecil mencapai 50 kamar," kata Tito dalam keterangan persnya, Jumat 20 Maret 2020.

Kasus COVID-19 di DKI Jakarta Naik Sejak November 2023

Tito mengaku telah mengecek langsung ke Kepala BPSDM yang membawahi sarana Diklat Kemendagri. Diketahui, total kamar tersedia di seluruh Indonesia yang bisa difungsikan untuk tanggap darurat pasien Covid-19 berjumlah 1.500 kamar.

"Semuanya bisa dialih fungsikan sementara menjadi tempat rawat inap bila diperlukan. Sebaran gedung diklat dengan fasilitas demikian sudah ada di seluruh Indonesia. Kecuali di tiga provinsi saja," ujar Tito.

Pakar Imbau, Waspadai Pandemi Disease X, Mematikan Dibanding COVID-19

Instansi Kemendagri juga katanya saat ini sedang gencar untuk mengerahkan sumber daya pemerintah daerah untuk mengantisipasi situasi Covid-19. Meskipun sebaran virus ini tidak merata ke seluruh daerah.

Ilustrasi COVID-19/Virus Corona.

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

Kasus konfirmasi positif COVID-19 di DKI Jakarta kembali meningkat. Per Rabu 13 Desember 2023 tercatat ada sebanyak 131 kasus baru sehingga total kasus aktif 365 kasus.

img_title
VIVA.co.id
13 Desember 2023