#DiRumahAja, Tambahan Pasokan LPG di Daerah Ini Hampir 300 Persen

VIVA – PT Pertamina melalui Marketing Operation Region (MOR) III menambah pasokan LPG subsidi 3 kilogram (kg) di wilayah Bandung Raya dan Kabupaten Sumedang, Jawa Barat hampir 300 persen. Penyaluran dilakukan secara bertahap mulai 7 hingga 17 April 2020. 

Jaga Ketersediaan di Lebaran, Pertamina Tambah 164.640 LPG 3 Kg untuk Situbondo dan Banyuwangi

Pasokan fakultatif atau penambahan alokasi ini bersifat situasional, menyusul imbauan #DiRumahAja dari pemerintah sebagai upaya meminimalisasi penularan Covid-19.

"Kami memperkirakan adanya peningkatan kebutuhan LPG karena sebagian besar masyarakat kini akan berada di rumah, sehingga aktivitas memasak juga bertambah," kata Unit Manager Communication Relations and CSR MOR III Dewi Sri Utami dalam keterangannya dikutip Rabu 8 April 2020.

Pabrik LPG di Tangerang Meledak, 3 Karyawan Jadi Korban

Melihat situasi tersebut, Pertamina melakukan penambahan pasokan LPG subsidi untuk mempermudah masyarakat. Dalam kondisi normal, rata-rata penyaluran LPG 3 kg untuk wilayah Bandung, Cimahi, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Sumedang mencapai lebih dari 230 ribu tabung per hari. 

Di luar pasokan reguler ini, Pertamina juga melakukan penambahan pasokan LPG 3 kg lebih dari 860 ribu tabung pada April 2020. 

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

“Berdasarkan pantauan kami, beberapa wilayah memberlakukan isolasi daerah sehingga pergerakan masyarakat lebih terbatas. Akibatnya, kebutuhan LPG di sektor rumah tangga meningkat untuk keperluan memasak," tuturnya. 

Namun di sisi lain, kebutuhan LPG subsidi untuk warung-warung usaha mikro menurun karena masyarakat telah memasak di rumah. Untuk mengantisipasi hal ini, Pertamina memastikan suplai LPG ke agen maupun pangkalan LPG tetap berjalan lancar dan dapat memenuhi kebutuhan warga.

Dewi menambahkan, masyarakat yang berhak dapat membeli LPG subsidi dengan mudah di pangkalan LPG resmi Pertamina. Terdapat total 4.391 pangkalan dan 186 agen LPG subsidi resmi Pertamina di wilayah Bandung Raya dan Kabupaten Sumedang yang tersebar hingga seluruh desa. 

Dengan membeli di pangkalan resmi Pertamina, masyarakat akan memperoleh harga sesuai dengan SK Wali Kota atau SK Bupati yang berlaku.

Bantu Korban Banjir Bandung

Sementara itu, Dewi juga mengatakan, agen dan pangkalan Pertamina tetap beroperasi melayani masyarakat pascamusibah banjir yang kembali melanda sebagian wilayah di Kabupaten Bandung sejak Minggu 29 Maret 2020. 

Melalui Sales Area Manager Retail Bandung, Pertamina turut membantu menyediakan 30 tabung Bright Gas berukuran 5,5 kilogram dan 12 kg, beserta isi ulangnya hingga tanggap banjir ini berakhir.

Dewi menjelaskan, untuk membantu memudahkan kebutuhan warga di posko pengungsi, pihaknya berinisiatif memberi bantuan gas LPG untuk memenuhi kebutuhan memasak di dapur umum. LPG Bright Gas Pertamina dialokasikan ke empat lokasi dapur umum yakni dapur umum BPBD di Kelurahan Andir, Kecamatan Baleendah, dapur umum Dinas Sosial di Kelurahan Sukamanah, Kecamatan Rancaekek. 

Selain itu, dapur umum Palang Merah Indonesia (PMI) di Kelurahan Bojongsoang, serta dapur umum Kelurahan Tegalluar di Kecamatan Bojongsoang. 

Dewi menjelaskan, banjir terjadi di tujuh kecamatan di Kabupaten Bandung, yakni Dayeuhkolot, Baleendah, Kutawaringin, Ciparay, Rancaekek, Bojongsoang, dan Solokanjeruk. 

Berdasarkan data BPBD, terdapat lebih dari 3.000 jiwa yang terdampak, sebagian kecil tak berada di pengungsian namun berlindung di rumah kerabat atau tetangganya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya