Ganjil Genap Diterapkan saat Mal di Bekasi Dibuka

Bupati Bekasi Eka Supri Atmadja di Bekasi, Kamis, 9 Januari 2020.
Sumber :
  • VIVAnews/ Dani (Bekasi)

VIVA – Bupati Bekasi Eka Supri Atmadja mengatakan akan memberlakukan sistem ganjil-genap saat mal-mal di wilayahnya dibuka. Meski aturan itu sudah dibuat, pemerintah kabupaten baru akan melaksanakannya saat semua pihak sudah berkomitmen.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

"Pekan depan baru akan kita terapkan sambil menunggu komitmen para pengelola," kata Eka Supri, Minggu 14 Juni 2020.

Teknisnya, nanti setiap pemilik gerai yang ada di dalam mal itu mendapat nomor. Dengan nomor itu, mereka akan mengetahui kapan waktu bisa membuka toko dan kapan tidak boleh. Bagi yang bernomor genap maka setiap tanggal genap bisa membuka gerainya. Begitu juga dengan yang ganjil.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

"Kalau mendapat nomor ganjil, maka pemilik gerai membukanya di tanggal ganjil. Begitu sebaliknya, kalau mendapat nomor genap, membukanya di tanggal genap," kata Eka.

Aturan itu kata Eka, untuk menekan penyebaran virus corona atau Covid-19 di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, yang saat ini tengah membangun perekonomian baru. Sebelumnya juga para pemilik gerai harus mengutamakan protokol kesehatan.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Bukan hanya itu, Eka mengaku, pihaknya masih melakukan persiapan jelang akan dioperasikannya kembali pusat perbelanjaan. Menurutnya, pemerintah daerah masih merancang atau membuat fase-fasenya.

"Persiapan itu akan dilihat sejauh mana komitmen pengelola mal untuk mengutamakan protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak aman, dan sering mencuci tangan," jelasnya.

Chicco Jerikho

Sempat Hilang Kesadaran Akibat Sepsis, Chicco Jerikho Ngerasa Dikasih Kesempatan Kedua

Chicco Jerikho bercerita mengenai pengalaman kurang menyenangkan saat dirinya mengidap sepsis pada 2021 lalu. Informasi itu disampaikan langsung oleh Chicco Jerikho.

img_title
VIVA.co.id
30 April 2024