Alhamdulillah, 106 Pasien COVID-19 di Gowa Sulsel Sembuh

Petugas medis beraktivitas di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Sardjito, Sleman, DI Yogyakarta, Senin (20/1/2020). RSUP Dr. Sardjito menyediakan ruangan isolasi untuk penanganan penyakit menular seperti antraks sebagai upaya pencegahan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah

VIVA – Sebanyak 106 pasien yang sebelumnya terkonfirmasi positif terpapar Corona COVID-19 di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, kini telah dinyatakan sembuh.

Sempat Hilang Kesadaran Akibat Sepsis, Chicco Jerikho Ngerasa Dikasih Kesempatan Kedua

Kepala Bidang Pengendalian, Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Gowa, dr Gaffar, mengatakan dari 106 pasien yang sudah sembuh itu, 66 orang di antaranya merupakan warga binaan dari Lapas Bolangi.

"Ada 66 orang warga binaan, dan selebihnya merupakan masyarakat Kabupaten Gowa," ujar Gaffar, Selasa malam, 21 Juli 2020.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Baca Juga: Skandal Djoko Tjandra, Demokrat: Drama Kekonyolan Penegak Hukum

Sebelumnya, 66 orang warga binaan Lapas Bolangi, menjalani perawatan di salah satu rumah sakit rujukan di Makassar. Mereka juga sudah dikembalikan lagi ke Lapas.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

"Sementara sisanya yang dinyatakan sembuh merupakan masyarakat Kabupaten Gowa, yang sebelumnya menjalani isolasi di hotel, dan ada beberapa yang dirawat di rumah sakit," kata Gaffar.

Dia menyampaikan, angka kesembuhan terhadap pasien COVID-19 di Kabupaten Gowa terus menunjukkan peningkatan dari hari ke hari.

pUN, Seperti pada pekan ini, menurut Gaffar, ada sejumlah pasien terkonfirmasi positif COVID-19. Mereka hampir dipastikan selesai menjalani perawatan dan masa isolasi, dan sudah bisa pulang.

"Pekan ini diperkirakan ada 48 orang dari warga binaan Lapas Bollangi telah lepas masa isolasi dan diharapkan selesai. Mereka termasuk orang yang tanpa gejala dan akan dikembalikan ke Lapas," tuturnya

Selain itu, ia mengatakan, sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan terbaru, diperkirakan akan ada puluhan pasien lainnya yang sementara jalani isolasi di sejumlah hotel, juga akan segera dipulangkan.

"Meski mereka segera pulang ke rumah, namun tetap diimbau untuk menjalankan protokol kesehatan," ujar Gaffar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya