Jokowi: Terima Kasih Shinzo Abe, Semoga Anda Sehat Selalu

Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe dengan Presiden Joko Widodo, saat bertemu di Istana Bogor, Jawa Barat, Minggu, 15 Januari 2017.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

VIVA – Shinzo Abe mengumumkan pengunduran dirinya sebagai Perdana Menteri Jepang, hari ini, Jumat, 28 Agustus 2020, karena alasan kesehatan. Menanggapi hal ini, Presiden Joko Widodo juga turut menyampaikan ucapan terima kasih dan doa untuk kesehatan Abe.

Jokowi Perintahakan Sri Mulyani Jalin Komunikasi dengan Prabowo, Untuk Apa?

Dalam cuitannya yang diunggah di akun Twitter @jokowi, Presiden Jokowi menyebutkan bahwa PM Abe adalah salah satu pemimpin dunia pertama yang ia temui ketika menjabat sebagai Presiden Indonesia pada tahun 2014 lalu.

"Di bawah kepemimpinannya, kami menyaksikan hubungan bilateral yang lebih kuat antara Indonesia-Jepang," tulis presiden dalam cuitan tersebut menggunakan Bahasa Inggris.

Presiden Jokowi dan Iriana Hadir hingga Beri Karangan Bunga di Pernikahan Mahalini - Rizky Febian

Baca juga: PM Jepang Shinzo Abe Mengundurkan Diri karena Sakit

Presiden Jokowi juga mengucapkan terima kasih atas persahabatan yang telah terjalin selama masa kepemimpinan Shinzo Abe. Pada cuitan itu, Jokowi menyebut akun Twitter resmi @AbeShinzo dan @JPN_PMO.

"Terima kasih PM @AbeShinzo @JPN_PMO atas persahabatan. Semoga Anda selalu sehat," cuit presiden.

Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, mengumumkan pengunduran dirinya secara resmi hari ini, karena alasan kesehatan. Abe mengatakan kesehatannya mulai menurun sekitar pertengahan bulan lalu dan dia tak ingin kondisinya mempengaruhi keputusan penting dalam pembuatan kebijakan.

Ajak 38 DPW PAN ke Istana, Zulhas Tak Bahas Kabinet dengan Jokowi

"Saya telah memutuskan untuk mundur dari jabatan perdana menteri," kata Abe dalam konferensi pers, dikutip Channel News Asia, Jumat, 28 Agustus 2020.

Abe mengungkapkan bahwa dia menderita kolitis ulseratif atau penyakit radang usus kronis yang menyebabkan peradangan di saluran pencernaan. Abe telah berjuang melawan penyakit itu selama bertahun-tahun dan juga telah beberapa kali dirawat di rumah sakit. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya