Pembelaan Ustaz Maaher Dituduh Hina Habib Luthfi

Ustaz Maaher At Thuwailibi
Sumber :
  • @ustadzmaaher_

VIVA – Ustaz Maaher At-Thuwailibi atau yang bernama asli Soni Eranata, ditangkap dan dijadikan sebagai tersangka oleh penyidik Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri pada Kamis, 3 Desember 2020.

Habib Luthfi Kunjungi Industri Tembakau H Her Madura: Semoga Petaninya Sejahtera

Ia ditangkap karena diduga menghina Rais Am Jamiyah Ahlu Thariqah al Mu'tabarah an Nahdiyah, Habib Luthfi bin Yahya.

Ustaz Maaher sempat menjelaskan duduk perkara yang dialaminya lewat akun twitternya, @ustadzmaaher_, yang ia cuit pada 14 November lalu. Dalam akunnya, Ustaz Maaher menghormati Habib Luthfi bin Yahya sebagai dzuriyyat (anak-cucu keturunan) Nabi.

Relawan Ndaru yang Berisikan Habib Luthfi hingga Boy Rafli Dukung Prabowo-Gibran di Pilpres 2024

Baca juga: Ustaz Maaher, Ribut sama Nikita Mirzani hingga Hina Habib Luthfi

Kemudian, foto Habib Luthfi yang diunggah Ustaz Maaher hingga menjadi polemik ini sebenarnya foto lama yang digunakan untuk menyudutkan dirinya. Jadi, Ustaz Maaher hanya membalas cuitan akun lain yang menghinanya duluan.

Jokowi, Gus Yahya dan Habib Luthfi Masuk 50 Tokoh Muslim Berpengaruh Dunia 2024

"Tidak ada penghinaan sama sekali di sana, dan itu bukan twit saya. Tapi balasan saya terhadap komen seorang pecinta Habib Lutfi di kolom komentar. Bedakan antara 'twit' dengan 'balasan' terhadap komentar," tulis Ustaz Maaher saat itu.

Awalnya, Ustaz Maaher mengatakan ada akun pecinta Habib Luthfi yang profilnya menghinanya di kolom komentar. Yakni dengan menampilkan foto Ustaz Maaher sedang memakai sorban di kepala.

"Dia menghina saya dengan mengatakan 'tambah cantik pake jilbab ya loe Maher'. Lalu saya balas komen dia dengan menampilkan foto habib Lutfi yang pakai sorban persis saya," jelasnya.

Sebenarnya, kata Maaher, balasan di kolom komentar dengan mengunggah foto Habib Luthfi yang juga memakai sorban di kepala sebagai pukulan telak buat akun tersebut. Tapi, Maaher menyayangkan akun yang menghinanya duluan tidak diproses hukum.

"Dia menghina saya pakai sorban di kepala dengan mengatakan 'pake jilbab', maka saya katakan bahwa Habib Lutfi idola dia pada faktanya juga pakai sorban yang sama seperti saya. Jahatnya, komen dia yang lebih dulu menghina saya itu tidak mereka screen shoot," jelas dia.

Meskipun twit balasan dari akun @ustadzmaaher_ yang diduga menghina Habib Luthfi itu sudah dihapus, namun sejumlah akun di twitter lebih dulu meng-capture twit balasan tersebut.

Dalam twit balasan tersebut, Ustaz Maaher menulis balasan kepada akun @GundulAdul 'Iya tambah cantik pake Jilbab...Kayak Kyai nya Banser ini ya..' Dengan menautkan foto Habib Luthfi bin Yahya.

Sebelumnya diberitakan, Ustaz Maher At-Thuwalibi ditangkap di rumah tinggal Jalan Cimanggu Wates, Kota Bogor, Jawa Barat pada Kamis, 3 Desember 2020 sekira pukul 04.00 WIB.

Ustaz Maaher ditangkap terkait dugaan tindak pidana menyebarkan informasi yang menimbulkan rasa kebencian, permusuhan individu atau kelompok berdasarkan atas suku, agama, ras dan antargolongan (SARA).

Atas perbuatannya, Ustaz Maaher dipersangkakan melanggar Pasal 45 ayat (2) Jo Pasal 28 ayat (2) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Barang bukti yang disita oleh penyidik berupa satu buah Iphone GS, satu buah Samsung Tab putih, satu buah handphone Oppo tipe 2043, satu buah handphone Samsung A71 dan satu buah KTP atas nama Soni Eranata, NIK 1207231404900001. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya