Di Muktamar Sufi Internasional 2023, Jokowi Terima Kasih ke Ulama Ajarkan Kerukunan

Presiden Jokowi di Bandara Cakrabhuwana Kota Cirebon, Provinsi Jawa Barat.
Sumber :
  • Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden

Jakarta –  Presiden Joko Widodo membuka kegiatan Muktamar Sufi Internasional atau World Sufi Assembly Conference 2023, di Kota Pekalongan, Jawa Tengah, pada Selasa, 29 Agustus 2023. Dalam acara ini, hadir Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto.

Menang Pilpres, Prabowo Sebut Butuh Dukungan NU untuk Bangun Bangsa

Prabowo didapuk sebagai Ketua Panitia Pusat Muktamar Sufi Internasional 2023. Selain itu hadir juga Ibu Negara Iriana, Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Wiranto, dan Anggota Wantimpres, Habib Luthfi bin Yahya. Selanjutnya, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, hingga Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi menyampaikan terima kasih kepada para ulama dan tokoh agama yang terus membimbing dan mendoakan keselamatan, kesejahteraan dan kemajuan Indonesia.

Prabowo-Gibran Hadiri Halalbihalal PBNU, Disambut Menag dan Gus Yahya

Saat pandemi COVID-19 melanda Indonesia dan negara-negara di dunia, Jokowi mengaku untuk keluar rumah saja masyarakat sangat sulit, termasuk ingin bepergian antarkota. 

“Saya saat itu membayangkan, kapan pandemi selesai dari kalkulasi tidak bisa dihitung, hanya kepasrahan kita kepada Allah SWT yang membesarkan hati kita semuanya,” kata Jokowi dikutip dari Youtube World Sufi Assembly.

Kapan Megawati dan Prabowo Subianto Bertemu? Hanya Puan dan Hasto yang Tahu

Jika dibayangkan, kata Jokowi, saat itu pademi COVID-19 mengerikan karena belum jelas kapan rampung. Sementera ekonomi selalu kelihatan terus turun menurun. “Itulah saya kira yang menjadi cobaan semua negara, tidak hanya Indonesia,” ujarnya.

Oleh karena itu, Jokowi berterima kasih kepada para ulama dan tokoh agama karena senantiasa telah mengajarkan kerukunan, kedamaian, keharmonisan toleransi di tengah keberagaman Indonesia.

“Dan persatuan di tengah perbedaan-perbedaan yang kita miliki,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Ketua Panitia Pusat Muktamar Sufi Internasional, Prabowo Subianto menyampaikan terima kasih kepada Presiden Jokowi serta Ibu Negara Iriana yang berkenan hadir untuk membuka acara World Sufi Assembly Conference tahun 2023.

“Kami ucapkan juga selamat datang di Kota Pekalongan seluruh peserta alim ulama dari berbagai negara,” kata Prabowo dikutip dari Youtube World Sufi Assembly.

Prabowo yang merupakan Menteri Pertahanan ini melaporkan bahwa Muktamar dihadiri 73 sufi mancanegara, terdiri dari perwakilan 38 negara di seluruh dunia. Konferensi akan dilaksanakan dari 29-31 Agustus 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya