Menlu Retno: Kerja Diplomasi Indonesia Kawal Vaksin COVID-19

kemkominfo ekonomi
Sumber :

VIVA – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menegaskan diplomasi  akan terus dilakukan dalam pengawalan kehadiran vaksin COVID-19 di Indonesia. Selain dengan Tiongkok untuk kehadiran vaksin Sinovac, Indonesia juga melakukan kerjasama dengan negara Eropa untuk segera menghadirkan vaksin AstraZeneca.

Penting! Orang Usia 44 Tahun Harus Segera Dapatkan Vaksin Ini, Kata PAPDI

“Kerja diplomasi akan diteruskan untuk mengawal rencana pengiriman selanjutnya, termasuk vaksin dalam bentuk curah. Diplomasi akan terus mengawal ikhtiar-ikhtiar lain berikutnya, agar Indonesia dapat segera mengatasi pandemi ini,” ujar Retno dalam Keterangan Pers ‘Kedatangan Vaksin COVID-19’ di Media Center Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Senin (7/12/2020). Jumpa pers ini digelar terkait kedatangan vaksin COVID-19 di Jakarta pada Minggu (6/12/200) malam.

Selain kerja sama bilateral, saat ini bersama Kementerian Kesehatan dan Kementerian Keuangan, Kementerian Luar Negeri sedang melakukan komunikasi dengan Jenewa untuk pengadaan vaksin multilateral. Gavi COVAX Facility adalah institusi multilateral yang mengadakan proyek vaksin COVID-19. COVAX adalah pilar dari program Percepatan Akses untuk Peralatan COVID-19 (Access to COVID-19 Tools/ ACT) yang dipimpin oleh Gavi, Koalisi untuk Kesiapan Inovasi Epidemi (CEPI), dan WHO.

PAPDI Rilis Jadwal Imunisasi Terbaru 2024

Diterangkannya, bersama Menteri BUMN Erick Thohir pada Agustus 2020 lalu, dia ditugaskan pemerintah untuk membuka akses kerjasama dengan beberapa pengembang vaksin, termasuk dengan Sinovac dan Sinopharm. Perjalanan dinas ini terkait tugas diplomasi selama masa pandemi. Hal ini dilakukan guna mendukung upaya pemerintah dalam pengelolaan dan penanganan pandemi baik dari sisi kesehatan maupun dampak sosial ekonomi melalui kerjasama dengan pihak lain.

Atas nama pemerintah, terkait kedatangan vaksin Sinovac, Retno kembali menyampaikan apresiasi kepada pemerintah dan otoritas RRT yang telah memberikan kerjasama yang baik. Hal yang sama juga diberikan pada KBRI Beijing yang menjembatani komunikasi dengan otoritas RRT dan Sinovac. “Koordinasi intensif dengan Otoritas Republik Rakyat Tiongkok selama beberapa minggu ini terus kita lakukan, terutama dengan State Counselor Menteri Luar Negeri RRT, Wuang Yi. Kami sangat mengapresiasi,” ujarnya.

Arab Saudi Gandeng Bill Gates Berikan Vaksin Polio pada Jemaah Haji

Menlu juga mengingatkan kehadiran vaksin bukan berarti bebas dari perilaku disiplin protokol kesehatan. Retno berpesan untuk tetap menerapkan 3M (Memakai masker, Menjaga jarak, dan Mencuci tangan pakai sabun).

Chicco Jerikho

Sempat Hilang Kesadaran Akibat Sepsis, Chicco Jerikho Ngerasa Dikasih Kesempatan Kedua

Chicco Jerikho bercerita mengenai pengalaman kurang menyenangkan saat dirinya mengidap sepsis pada 2021 lalu. Informasi itu disampaikan langsung oleh Chicco Jerikho.

img_title
VIVA.co.id
30 April 2024