Menag: 13 Orang Lihat Hilal untuk Tentukan 1 Ramadhan 1442 H

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas
Sumber :
  • YouTube Matakin

VIVA – Menteri Agama (Menag) RI, Yaqut Cholil Qoumas mengatakan ada 13 orang disumpah telah melihat hilal penentuan awal bulan Ramadhan 1442 Hijriyah saat rukyatul hilal pada Senin, 12 April 2021. Sehingga, seluruh peserta sidang isbat tidak memiliki perbedaan pendapat untuk awal Ramadhan 1442 Hijriyah jatuh pada Selasa, 13 April 2021.

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

"Sidang isbat dapat laporan sudah ada 13 orang di bawah sumpah menyaksikan bahwa hilal sudah dilihat. Sehingga, keputusan sidang isbat tanpa ada perbedaan pendapat dan menetapkan 1 Ramadhan 1442 Hijriyah jatuh pada tanggal 13 April 2021," kata Yaqut.

Sementara Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH. Abdullah Jaidi mengajak umat muslim Indonesia bersyukur bahwa sidang isbat telah mufakat bersama tentang penentuan awal Ramadhan 1442 Hijriyah. Menurut dia, awal Ramadhan sesuai dengan perhitungan hisab dan rukyat yang terjadi pada malam ini dilihat oleh 13 orang.

Meninggalnya Babe Cabita Ternyata Bikin Para Sahabat Iri, Kok Bisa?

"Artinya, hisab itu sudah cocok dengan rukyat sehingga tidak lama-lama lagi memutuskan bahwa 1 Ramadhan, Insya Allah kita bersama-sama berpuasa mulai esok hari, malam ini kita bertarawih dan sahur," katanya.

Ketua Komisi VIII DPR RI, Yandri Susanto mengaku mengikuti sidang isbat dari awal sampai akhir bahwa tidak ada perdebatan dalam menentukan awal Ramadhan 1442 Hijriyah yang dihadiri oleh beberapa ormas Islam serta perwakilan negara sahabat. Sehingga, ini menunjukkan komitmen menjaga kebersamaan daam menjalankan ibadah Ramadhan telah tercapai.

Fourtwnty Tutup Jakarta Lebaran Fair dengan Manis 

"Alhamdulillah, tidak ada perdebatan menetapkan bahwa besok adalah 1 Ramadhan 1442 Hijriyah," ujar politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini.

Media Gathering PUBG Mobile

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Selama Bulan Suci Ramadhan 2024 yang baru saja berlalu, pecinta Esport dan gamers disuguhkan berbagai kegiatan oleh PUBG Mobile.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024