Deretan Fasilitas Rumah Oksigen Gotong Royong yang Ditinjau Jokowi

Jokowi Tinjau rumah oksigen
Sumber :
  • Tangkapan layar youtube/sekretariat presiden

VIVA – Rumah Oksigen Gotong Royong yang berada di daerah Pulogadung, Jakarta Timur merupakan inisiasi grup perusahaan teknologi GoTo bersama Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, PT Aneka Gas Industri (Samator Grup), yang didukung PT Master Steel, Tripatra Enginering, serta Halodoc.

Dua Mobil Premium BMW Bakal Layani Antar Jemput Pasien RS

Rumah Oksigen Gotong Royong ini telah ditinjau langsung oleh Presiden Joko Widodo pada Sabtu, 24 Juli 2021. Jokowi mengatakan bahwa Rumah Oksigen Gotong Royong akan selesai pada awal bulan Agustus mendatang.

Jokowi sangat mengapresiasi inisiatif pembuatan rumah oksigen tersebut yang bisa membantu mengurangi tekanan pada rumah sakit, terutama di beberapa provinsi yang memiliki tingkat keterisian tempat tidur cukup tinggi.  

Menlu Iran soal Senjata Pemusnah Massal: Penggunaan Nuklir Hanya untuk Tujuan Damai

Apa saja fasilitas Rumah Oksigen Gotong Royong ini?

Berikut fasilitas rumah oksigen yang akan beroperasi awal Agustus, diantaranya:

Siap Layani Arus Balik, Posko Mudik BRImo Hadir di Rute Strategis
  • Rumah Oksigen ini memiliki fasilitas empat ruangan yang berukuran 20x50 meter dengan total suplai 500 tempat tidur non-high flow nasal cannula atau HFNC. Artinya tempat ini mampu menampung lebih dari 500 pasien.
  • Setiap satu instalasi medis memiliki pipa, alat kesehatan, ranjang pasien, listrik, AC, dan toilet.
  • Pasien yang ditempatkan di Rumah Oksigen akan mendapatkan obat dan oksigen sesuai dengan kebutuhan gejala ringan dan sedang.  

Rumah Oksigen Gotong Royong ini diyakini bisa efektif untuk membantu para pasien Covid-19 bergejala sedang.

  • Rumah Oksigen ini berlokasi dekat dengan pabrik suplai oksigen Samator Group. Sehingga dipastikan ketersediaan oksigen setiap saat bagi para penderita Covid-19 bergejala sedang.
  • Tantangan logistik bisa dikurangi. Pasalnya, lokasi fasilitas berdekatan dengan akses oksigen. 
  • Kemudahan sistem pemesanan tempat. Nantinya, masyarakat bisa mengetahui ketersediaan tempat dan memesan tempat melalui aplikasi Halodoc.
  • Dikelola oleh pihak yang berpengalaman di pengelolaan fasilitas kesehatan. 
  • Kemudahan akses ke berbagai rumah sakit ditujukan bagi penderita yang mengalami eskalasi kasus.

Rumah oksigen gotong royong merupakan fasilitas kesehatan semipermanen yang khusus dilengkapi dengan peralatan suplai oksigen dan tempat tidur perawatan bagi pasien COVID-19 dengan gejala sedang. Fasilitas tersebut didirikan berdekatan dengan pabrik oksigen milik PT Aneka Gas Industri.

Kehadiran rumah oksigen ini diharapkan bisa membantu masyarakat yang membutuhkan akses oksigen medis. Selain itu diharapkan dengan kehadiran rumah oksigen bisa mengurangi tekanan pada rumah sakit dalam penanganan pasien COVID-19.

Jokowi berharap pembangunan rumah oksigen ini tidak hanya dibangun di DKI Jakarta saja, namun juga dilakukan diberbagai provinsi lainnya di Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya