Melihat Kemeriahan HUT RI di Provinsi Paling Timur Indonesia

Sejumlah anak-anak di Papua dan Papua Barat melakukan lomba peringati HUT RI
Sumber :
  • VIVA/Eduward Ambarita

VIVA – Kemeriahan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 terlihat di Provinsi Papua dan Papua Barat. Selain menggelar upacara bendera, warga juga merayakannya dengan lomba 17-an yang dibuat di berbagai lokasi, sejak kemarin.

Siap-siap Kunjungi Chef Expo 2024, Ada Apa Aja?

Seperti di wilayah perbukitan Lanny Jaya, kemeriahan tampak lebih semarak. Puluhan anak-anak dan remaja mengikuti berbagai lomba yang dibuat, seperti balap karung hingga gigit sendok berisi kelereng. Lomba pun diakhiri dengan makan siang bersama dan pembagian hadiah.

Sementara itu di Intan Jaya, lomba 17-an dibuat lebih variatif. Tidak hanya makan kerupuk, tarik tambang, olahraga Voli, lomba 17an juga dibuat dengan menggelar kompetisi pembacaan puisi kemerdekaan.

Menteri Basuki Sebut Presiden Baru Akan Dilantik di IKN

"Pahlawan-pahlawan kami telah mati demi meraih kemerdekaan," kata Rossaline, siswi kelas 9 di salah satu SMP di Intan Jaya, seperti keterangan tertulis yang diterima VIVA, Rabu 18 Agustus 2021.

Di Boven Digoel juga serupa. Berbagai lomba digelar di depan kantor pemerintahan tepatnya kantor Dinas PU. Permulaan lomba bahkan dimulai dengan penampilan tarian asli orang Papua. Sejumlah penari terlihat mempersiapkan diri untuk menghias dirinya dengan angka 76 sebagai simbol usia kemerdekaan Indonesia.

Mengejutkan! Arutmin Borneo Run Berhasil Dapat Dua Penghargaan MURI

Acara lomba 17-an kemudian diakhiri dengan foto bersama seluruh peserta dan panitia. Mereka ramai-ramai meneriakkan yel-yel Kemerdekaan.

"Kami warga Papua khususnya masyarakat kabupaten Boven Digoel mengucapkan dirgahayu Republik Indonesia ke-76," kata Fielda, salah seorang penyelenggara di sana.

Dari daerah pesisir, pinggir pantai Nabire, lomba 17-an diikuti oleh puluhan warga, dari yang muda sampai dewasa. Berbagai lomba digelar. Ada lomba balap karung, tarik tambang serta warga juga menggelar lomba lainnya. Tampak antusias anak-anak dan warga yang tinggi mengikuti kegiatan di provinsi paling timur di Indonesia tersebut.

Diberitakan VIVA sebelumnya, peringatan Hari Kemerdekaan RI berlangsung khidmat pada saat detik - detik Proklamasi berlangsung, Selasa 17 Agustus 2021 kemarin. Di Membrano, upacara digelar di sebuah halaman sekolah. Meski sederhana, dari foto yang diterima VIVA, puluhan siswa tampak antusias mengikuti  upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76.

Mereka mengenakan seragam sekolah dan mengambil posisi dengan berbaris dengan rapih. Dan kemudian proses upacara pun berlangsung hingga memberikan hormat kepada Bendera Pusaka.

"(Kepada) Bendera Sang Merah Putih, Hormat Gerak..." kata pemimpin upacara saat bendera berdiri tegak di atas tiang.

Baca juga: Antusiasme Warga Papua Peringati Hari Kemerdekaan RI ke-76

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya