Umrah Dibuka Lagi, DPR Minta Pemerintah Jamin Prokes Jemaah

Ketua DPP Golkar bidang media dan penggalangan opini, Ace Hasan Syadzily.
Ketua DPP Golkar bidang media dan penggalangan opini, Ace Hasan Syadzily.
Sumber :
  • VIVAnews/Lilis Khalisotussurur

VIVA - Komisi VIII DPR menanggapi soal Pemerintah Kerajaan Arab Saudi yang siap membuka pintu umrah bagi jemaah Indonesia. Mereka pun meminta pemerintah menjamin protokol kesehatan calon jemaah Indonesia.

“Alhamdulillah, tentu kita patut bersyukur atas dibukanya kembali ibadah umrah untuk umat muslim dari Indonesia. Ini merupakan kabar yang menggembirakan yang diharapkan dapat memenuhi kerinduan umat Islam Indonesia untuk berziarah ke tanah suci,” kata Wakil Ketua Komisi VIII DPR, Ace Hasan Syadzily, dikutip pada Sabtu, 23 Oktober 2021.

Jemaah umrah di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi dengan protokol kesehatan
Photo :
  • Haramain

Jemaah umrah di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi dengan protokol kesehatan

Puji Diplomasi Pemerintah

Kabar mengenai dibukanya kembali umrah bagi jemaah Indonesia disampaikan melalui nota diplomatik Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta pada 8 Oktober 2021. Ace pun memuji diplomasi yang dilakukan pemerintah dengan Kerajaan Saudi, apalagi perkembangan penanganan COVID-19 di Indonesia yang membaik menjadi catatan dari Arab Saudi.

“Kebijakan kembali membuka jemaah umrah oleh pemerintah Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia tidak lepas dari semakin terkendalinya penanganan COVID-19 di Indonesia,” katanya.

Baca juga: Kabar Baik, Arab Saudi Buka Umrah untuk Jemaah Asal Indonesia