Bupati Banyumas Umumkan 17 Karyawan Sebuah Perusahaan Positif COVID-19

Bupati Banyumas Achmad Husein.
Sumber :
  • ANTARA/Sumarwoto

VIVA – Bupati Banyumas Achmad Husein mengemukakan bahwa 17 karyawan bagian gudang salah satu perusahaan swasta di kabupaten itu dilaporkan terkonfirmasi positif COVID-19.

Seberapa Penting Budaya Clock in dan Clock Out Karyawan Dorong Kinerja Perusahaan? Ini Penjelasannya

"Berdasarkan laporan yang saya terima, 70 karyawan di bagian tersebut sudah di-[rapid test]-antigen secara mandiri. Hasilnya 28 positif (berdasarkan) antigen, kemudian diperiksa PCR yang positif 17 orang," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Senin, 31 Januari 2022.

Ia mengatakan 17 karyawan yang positif COVID-19 tersebut telah dievakuasi oleh Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Banyumas ke Rumah Karantina Baturraden.

Kasih Ruang Karier dan Promosikan Puluhan Ribu Karyawan, Intip Strategi IWIP

Selain itu, kata dia, Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Banyumas saat ini sedang melakukan tracing terhadap kontak erat dari 17 karyawan tersebut.

"Karyawan yang hasil tesnya negatif tetap melaksanakan aktivitas kerja seperti biasa," katanya.

PNM Berikan Ruang Bakat dan Silaturahmi Karyawan Lewat Event SEHATI

Rapid Test Antigen (ilustrasi)

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Disinggung mengenai kemungkinan akan dilakukan pemeriksaan whole genome sequencing (WGS) terhadap 17 karyawan itu, Bupati mengatakan pihaknya tidak akan melakukannya. "Cukup yang kemarin (yang telah dikirimkan sebelumnya, red.)," katanya.

Dalam hal ini, kata dia, Pemerintah Kabupaten telah mengirimkan delapan sampel untuk menjalani pemeriksaan S-gene Target Failure (SGTF) Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Yogyakarta.

Ia mengatakan berdasarkan hasil pemeriksaan SGTF terhadap delapan sampel itu, seluruhnya dimungkinkan (probable) positif Omicron.

"SGTF merupakan pemeriksaan PCR yang spesifik untuk mendeteksi varian Omicron, mempercepat mengetahui bahwa kemungkinan sampel yang diperiksa adalah varian Omicron. Dengan demikian, hasil yang probable dilanjutkan dengan pemeriksaan WGS," katanya.

Bupati mengimbau masyarakat Kabupaten Banyumas untuk tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan seiring dengan meningkatnya kasus COVID-19 dalam beberapa hari terakhir. (ant)

https://www.youtube.com/watch?v=DY1MWOxIFWQ&t=24s

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya