Pesan Menag Yaqut di Hari Suci Nyepi Tahun Baru Caka 1944

Menag Yaqut Cholil Qoumas
Sumber :
  • Humas

VIVA – Umat Hindu hari ini menjalani Catur Brata Penyepian sebagai rangkaian perayaan Hari Suci Nyepi dan Tahun Baru Caka 1944. Umat Hindu melakukan Amati Geni, Amati Karya, Amati Lelungan, dan Amati Lelanguan.

Bertemu Majelis Masyayikh, Menag Bahas Rekognisi Santri dan Ma’had Aly

"Saya mengucapkan selamat Hari Suci Nyepi dan Tahun Baru Caka 1944 kepada saudaraku seluruh umat Hindu di mana pun berada," ujar Yaqut di Jakarta, Kamis, Maret 2022. 

Menurutnya, umat Hindu memiliki kekayaan nilai-nilai positif yang bisa digali dan diamalkan dalam menjalani kehidupan di tengah kemajemukan Indonesia. 

Pesan Vicky Prasetyo Jika Meninggal Dunia, Minta Hal Ini ke Keluarga

Baca juga: Cerita Rasisnya Orang Ukraina ke Pengungsi Non Kulit Putih

Nyepi tahun ini, kata Yaqut bisa menjadi momentum untuk menggali makna sekaligus mengaktualisasikan nilai-nilai luhur, salah satunya adalah Tattwam Asi. 

Pesan Bijaksana dari Zecky Alatas untuk Kawula Muda Masa Kini

“Tattwam Asi bermakna 'aku adalah engkau'. Nilai ini menjadi sumber inspirasi bagi umat Hindu untuk hidup saling menghormati, rukun, dan bertoleransi," ujarnya. 

Untuk itu, ia mengajak kepada masyarakat untuk aktualisasi nilai Tattwam Asi dan perkuat moderasi beragama

Ilustrasi perayaan Nyepi

Photo :
  • Istimewa

Menag mengapresiasi tema Nyepi tahun ini, yaitu: ‘Aktualisasi Nilai Tattwam Asi dalam Moderasi Beragama menuju Indonesia Tangguh’. Menag berharap, umat Hindu dapat mengambil pelajaran dari perayaan Hari Suci Nyepi tahun ini dan menjadikannya sebagai lentera dalam menatap masa depan bangsa dan negara. 

"Mari berikan jeda sejenak kepada alam agar kembali menata keseimbangan. Kita muliakan alam maka alam akan memuliakan harkat dan martabat kemanusiaan," ujarnya. 

Yaqut berharap, semoga pandemi COVID-19 segera berlalu. "Mari terus berkolaborasi dalam harmoni, perkuat moderasi beragama, menuju Indonesia maju," tutupnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya