Jamaah Tarekat Syattariah di Aceh Mulai Puasa Besok Kamis

Baru Hari Ini Jamaah Tarekat Syattariyah Tetapkan Awal Ramadhan
Sumber :
  • Antara/Wahdi Septiawan

VIVA - Jamaah Tarekat Syattariah pengikut Habib Muda Seunagan di Kabupaten Nagan Raya, Aceh, menetapkan 1 Ramadhan 1443 Hijriah jatuh pada hari Kamis, 31 Maret 2022. Sehingga mulai malam ini mereka ibadah salat tarawih pertama.

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

tarekat syattariyah

Photo :
  • ANTARA/Iggoy el Fitra

Para Ulama dan Teungku Dayah Sepakat

5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

Penetapan awal Ramadhan itu setelah para ulama dan teungku dayah pengikut Tarekat Syattariyah menyepakati awal Ramadhan 1443 jatuh pada hari Kamis besok.

Cucu Kandung Habib Muda Seunagan, Abu Said Kamaruddin, mengatakan hasil itu sudah disepakati bersama melalui hisab yang telah diajarkan oleh Habib Muda Seunagan.

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

“Kamis mulai puasa. Ini hasil kesepakatan para ulama dan teungku-teungku dayah pada Kamis yang lalu,” ujar Abu Said Kamaruddin saat dikonfirmasi.

Baca juga: Jokowi Turun ke Pasar Tinjau Stok Kebutuhan Pokok Jelang Ramadhan

Punya Hisab Sendiri

Ia menjelaskan, untuk menentukan awal Ramadan mereka memiliki hisab sendiri, misalnya ada hisab bilangan lima serta lima tahun bilangan naik.

“Kalau misalnya jatuh Rabu dinaikkan ke Kamis, dalam lima tahun, kemudian ada lima tahun bilangan turun. Kalau jatuh pada hari Senin, Selasa, Kamis, itu tetap. Tidak dipindahkan lagi,” katanya.

Dalam ajarannya, tidak diperbolehkan untuk menjatuhkan awal Ramadan pada hari Rabu atau Kamis. Jika bertepatan dengan hari itu maka akan digeser ke hari berikutnya.

“Kami pengikut Syattariyah Habib Seunagan memang sudah diamanatkan oleh guru kami Habib Seunagan, awal Ramadan kalau jatuh pada hari Rabu dan Jumat dilarang ambil, kemudian digeser sehingga diambil hari Kamis,” kata dia.

Sejauh ini pengikut Syattariyah di Aceh tersebar di berbagai daerah seperti di Aceh Barat, Aceh Barat Daya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya