Debat Panas Ferry Juliantono Vs Lukman Edy Soal Penyelewengan Dana ACT

Catatan Demokrasi tvOne 'Mengusut Bocornnya Dana Umat'
Sumber :
  • Tangkapan Layar

VIVA Nasional – Politikus PKB Lukman Edy mengatakan, meski lembaga filantropi Aksi Cepat Tanggap atau ACT adalah lembaga swadaya, namun karena sudah melibatkan dana publik maka harus dipertanggungjawabkan juga ke publik. 

Pengemudi Truk Bantuan Kemanusiaan untuk Gaza Kesal karena Israel Tutup Perbatasan

Terlebih lagi dana sosial yang dikumpulkan ACT dari masyarakat jumlahnya cukup besar, dan itu harus dipertanggungjawabkan.

Lukman menjelaskan, ada tiga godaan di tengah dana publik yang begitu besar tersebut. Pertama, godaan manajemen. Dimana uang yang dikumpulkan dari publik sangat besar, bahkan disebutkan adalah Rp500 miliar. Menurutnya itu bisa menjadi godaan, apalagi tidak ada SOP yang bisa dipertanggunjawabkan

Bentuk Kepedulian pada Gaza, The Weeknd Kembali Donasi Senilai Rp32,5 Miliar

Selanjutnya jelas dia, adalah godaan terhadap mau disalurkan kepada siapa dana yang terkumpulkan tersebut. Sehingga ke mana dana itu menjadi subjektif dari ACT itu sendiri.

"Ketiga yang menurut saya lebih berat yang perlu kita selidiki sedalam dalamnya kasus ACT ini adalah ada agenda atau muatan politk misalnya. Baik itu politik dalam negeri ataupun politik luar negeri," kata Lukman dalam acara Catatan Demokrasi tvOne, bertajuk 'Mengusut Bocornnya Dana Umat', dikutip Rabu 6 Juli 2022.

Negara Ini Tuduh Iran sebagai Negara Teroris, Kok Bisa?

"Ketika terjadi konflik di suriah misalnya, ACT terlibat dan berpihak dalam salah satu pihak yang berkonflik di suriah dan kemudian untuk mengirimkan itu yang kemudian dituduh mengirimkan rekening dengan berlindung sebagai dana umat dan humanitarian dan kemanusiaan kemudian mengirimkan kepada satu organisasi," jelas Lukman menambahkan.

Namun hal itu disanggah oleh Sekjen Syarikat Islam Ferry Juliantono. Menurut Ferry, ACT dalam menjalankan aktivitasnya menyalurkan bantuan tak pandang bulu. Karena bantuan kemanusiaan sejatinya diberikan kepada semua yang membutuhkan.

"Bantuan kemanusiaan ini kan nggak lihat apakah ini Suni ini Syiah dan sebagainya. Bantuan kemanusiaan pasti akan dilihat lembaga bantuan seperti ini tanpa melihat latar belakangnya," kata Ferry.

Dia juga mengatakan, setiap periodik ada laporan yang diberikan ACT. Termasuk laporan keuangan hingga kegiatan-kegiatan mereka selama ini.

Tetapi bagi Lukman, itu tidak cukup. Bahwa harapan agar organisasi seperti ACT ini memberi bantuan diakuinya tujuan awalnya sangat bagus. Hingga kemudian mendapat kepercayaan publik dengan banyaknya dana yang berhasil dikumpulkan hingga ratusan miliar rupiah.

"Maunya kita seperti itu tetap objektif dalam melihat siapa yang membutuhkan," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya