Mendagri Resmi Lantik Achmad Marzuki Jadi Pj Gubernur Aceh

Mendagri Tito Karnavian melantik Achmad Marzuki sebagai Pj Gubernur Aceh
Sumber :
  • VIVA/Dani Randi

VIVA Nasional Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian resmi melantik Mayjen (Purn) Achmad Marzuki sebagai penjabat Gubernur Aceh di Gedung DPR Aceh, Rabu, 6 Juli 2022. Achmad Marzuki menggantikan posisi Nova Iriansyah yang sudah habis masa jabatannya terhitung sejak 5 Juli 2022.

Pj Gubernur Sumut Prediksi Timnas Indonesia Bekuk Guinea 2-0

Pelantikan Achmad Marzuki sebagai Pj Gubernur tertuang dalam Keputusan Presiden RI Nomor 70/P/2022 tentang Pengesahan Pemberhentian Gubernur Aceh Sisa Masa Jabatan Tahun 2017-2022 dan Pengangkatan Penjabat Gubernur Aceh.

Pantauan VIVA, setelah dilantik Achmad Marzuki langsung mengikuti prosesi adat Aceh yaitu di peseujuek oleh ketua Mahkamah Adat Aceh.

Mendagri Jamin Pemda Sediakan Dana Pilkada, KPU Dapat Rp 20 T dan Bawaslu Rp 6,3 T

Mendagri Tito Karnavian mengatakan, Achmad Marzuki dipilih dengan proses yang panjang hingga akhirnya Presiden Joko Widodo memilihnya.

"Kemendagri sudah mendapat usulan dari DPR Aceh dan lembaga lainnya untuk calon, jadi sudah diajukan. Kemudian dilaksanakan sidang penilaian akhir yang diikuti presiden, dan menetapkan Achmad Marzuki sebagai penjabat Gubernur," kata Tito dalam sambutannya.

Mendagri Tegaskan Pilkada Serentak Tetap Digelar 27 November 2024

Di hadapan Pj Gubernur Aceh, Tito mengingatkan agar Achmad Marzuki agar membangun komunikasi dengan DPR Aceh dan para pihak lainnya.

Pj. Gubernur Sumut, Hasanudin melepas ratusan peserta BLOT, di Kabupaten Langkat.(dok Pemprov Sumut)

425 Pelari Bertarung Jadi Tercepat di Bukit Lawang Orangutan Trail 2024

Sebanyak 425 pelari bertarung jadi tercepat di Bukit Lawang Orangutan Trail (BLOT) 2024, di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, Minggu 12 Mei 2024.

img_title
VIVA.co.id
13 Mei 2024