UI Angkat Bicara soal Harta Rektor Ari Kuncoro Naik Rp 35 Miliar

Kampus Universitas Indonesia
Sumber :
  • VIVA/Zahrul Darmawan

VIVA Nasional – Universitas Indonesia (UI) buka suara soal ramainya harta kekayaan rektornya, Ari Kuncoro yang sedang ramai diperbincangkan karena melonjak tajam saat menjabat sebagai pimpinan kampus kuning tersebut.

Detik-detik Menegangkan Wanita Terjepit hingga Jatuh ke Dalam Peron Stasiun UI

Kepala Biro Humas dan KIP Universitas Indonesia Amelita Lusia mengatakan, harta kekayaan milik Ari Kuncoro yang dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam bentuk Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) tersebut, masih terbilang wajar.

Kampus Universitas Indonesia

Photo :
  • VIVA/Zahrul Darmawan
Baliho Rektor UMT Maju Pilkada Kota Tangerang Dirusak OTK, Relawan Geram

Pasalnya selama pelaporan yang dilakukan oleh rektor dan semua penyelenggara negara serta Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Universitas Indonesia, belum ada temuan adanya dugaan unsur praktik korupsi dari KPK.

“Sejauh ini, tidak ada temuan yang disampaikan oleh KPK sebagai lembaga yang memiliki kewenangan untuk menerima, mengkaji, dan menilai laporan yang diserahkan oleh Penyelenggara Negara (LHKPN) dan Aparatur Sipil Negara (LHKASN) di lingkungan UI," kata Amelita saat dikonfirmasi, Senin 29 Agustus 2022.

Prestasi Gemilang! Mahasiswa UI Juarai CIOB Global Student Challenge 2024

Amelita mengatakan, laporan harta kekayaan kepada KPK dilakukan secara rutin oleh rektor dan semua penyelenggara negara serta semua ASN di lingkungan UI.

“Setiap tahun, rektor dan semua Penyelenggara Negara, serta semua Aparatur Sipil Negara di lingkungan Universitas Indonesia, melaporkan harta kekayaannya kepada KPK, melalui mekanisme yang disebut sebagai Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) dan Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKASN) di Lingkungan Instansi Pemerintah,” kata Amelita.

Rektor Universitas Indonesia, Ari Kuncoro

Photo :
  • Dok. UI

Amelita melanjutkan, soal harta kekayaan Ari Kuncoro yang melesat tinggi usai menjabat Rektor UI, itu bisa dijawab karena istri sang rektor merupakan seorang wanita karier yang juga memiliki penghasilan cukup lumayan.

Apalagi, berdekatan dengan dilantiknya Ari Kuncoro menjadi Rektor UI, istri sang rektor yakni Lana Soelistianingsih diangkat oleh Presiden Jokowi menjadi Kepala Eksekutif Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menggantikan Fauzi Ichsan yang sebelumnya menjabat.

“Berdekatan dengan Prof. Ari menjadi Rektor UI, Ibu Lana Soelistianingsih diangkat oleh Presiden sebagai Kepala Eksekutif LPS menggantikan bapak Fauzi Ichsan pada tahun 2020,” kata Amelita.

Amelita menambahkan, sejak tahun 1996 istri Ari Kuncoro telah berkarier dimulai di PT Samuel Sekuritas Indonesia sejak September 1996. Serta menjabat sebagai asisten peneliti untuk Boston Institute of Economic Development (BIDE) di Lexington, MA, USA pada tahun 2003.

“Sejak 1 Oktober 2013, Ibu Lana diangkat menjadi Direktur, sekaligus sebagai Kepala Riset dan Ekonom di PT Samuel Aset Manajemen (SAM). Selain berkarir di SAM, Ibu Lana juga mengajar di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia sejak 1991,” kata Amelita.

Diberitakan sebelumnya, harta kekayaan Rektor UI Ari Kuncoro tengah ramai diperbincangkan karena memiliki lonjakan yang sangat fantastis usai memimpin Universitas Indonesia.

Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) melalui akun instagramnya @bemui_official melaporkan, baru tiga tahun menjabat sebagai pimpinan UI, Ari Kuncoro meraup pundi-pundi kekayaan pribadinya sebanyak Rp 35 miliar. Data itu sesuai dengan pengumuman Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang keluar tanggal 26 Maret 2022.

Dalam postingan akun instagram BEM UI tersebut, sebelum menjadi Rektor UI, Ari Kuncoro tercatat hanya memiliki harta kekayaan sebanyak Rp 27.873.760.038 itu sesuai dengan laporan LHKPN pada tahun 2018. Sedangkan menurut LHKPN terbaru yang dilaporkan pada 26 Maret 2022, total harta kekayaan Ari Kuncoro yang tercatat sebagai Rektor UI, kini telah mencapai Rp 62.321.869.525.

"Ari Kuncoro mampu melipatgandakan harta kekayaannya lebih dari dua kali lipat dari semula," katanya. "Pertanyaan besarnya adalah, darimana semua pundi-pundi kekayaan tersebut berasal," lanjut postingan instagram BEM UI.

Walaupun Ari Kuncoro pernah merangkap jabatan sebagai komisaris salah satu bank milik pemerintah selama satu setengah tahun saat menjadi rektor, apakah itu mampu menambah harta kekayaan mencapai puluhan miliar tersebut.

"Apakah gaji rektor mampu menjawab darimana asal harta kekayaan yang melimpah tersebut, hanya Tuhan dan Ari Kuncoro yang bisa menjawab semua itu," kata BEM UI. 

Baca juga: Harta Rektor UI Naik Rp 35 Miliar, Berikut Rinciannya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya