Jokowi: Saya Sangat Berduka Atas Meninggalnya Ratu Elizabeth II

Presiden Jokowi
Sumber :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

VIVA Nasional – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ungkapan belasungkawa atas meninggalnya Ratu Elizabeth II pada Kamis sore, 8 September 2022. Jokowi mengatakan bahwa Ratu Elizabeth II merupakan sosok yang sangat dikagumi banyak orang.

PDIP Jalani Hari Kedua Rakernas, Jokowi Asyik Gowes Bareng Jan Ethes di Yogyakarta

"Saya sangat berduka atas meninggalnya Ratu Elizabeth II, seorang ratu yang sangat dikagumi dan dicintai," kata Jokowi dalam akun twitternya yang dikutip Jumat 9 September 2022.

Ratu Elizabeth II.

Photo :
  • Nick Verreos
Istana Sebut Presiden Jokowi Tidak Dalam Posisi untuk Menanggapi Pidato Megawati

Jokowi turut merasakan duka yang mendalam atas meninggalnya Ratu Elizabet II. Jokowi juga mengungkapkan simpatinya kepada segenap Keluarga Kerajaan, Pemerintah dan rakyat Inggris 

"Simpati terdalam dan belasungkawa saya yang tulus kepada Keluarga Kerajaan, pemerintah, dan rakyat Inggris," ujar Jokowi

Ganjar Yakin Pernyataan Megawati soal Kader Goyang-goyang Bukan Ditujukan ke Jokowi

Seperti diketahui, Ratu Inggris Elizabeth II meninggal dunia pada usia 96 tahun pada Kamis petang waktu Inggris, 8 September 2022. Ratu penguasa Inggris selama 70 tahun itu meninggal dunia di Kastil Balmoral, Skotlandia. 

Setelah meninggalnya Ratu Elizabeth II maka putranya Pangeran Charles akan menjadi Raja Inggris. Pangeran Wales itu akan otomatis mendapatkan tahta Kerajaan Inggris.

Inggris dan dunia berduka atas mangkatnya Ratu Elizabeth II. Orang-orang langsung berdatangan pada Kamis petang ke depan gerbang Istana Buckingham. Suasana berkabung amat terasa petang hingga menjelang malam.

Ratu Elizabeth II saat menghadiri pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle

Photo :
  • istimewa

Bendera Inggris Raya akan diturunkan setengah tiang di gedung-gedung resmi. Kemudian, salut senjata akan digelar serta lonceng gereja berdentang mewarnai suasana duka cita mendalam.

Tak ketinggalan, acara peringatan dan belasungkawa akan digelar oleh sejumlah organisasi dan badan amal lokal dan nasional. Ini semua akan mengarah ke pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II. Waktu berkabung diperkirakan berlangsung selama dua minggu ke depan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya