OTT Wakil Ketua DPRD Jatim, KPK Amati 103 Rekaman CCTV

Wakil Ketua DPRD Jawa Timur (Jatim) Sahat Tua Simanjuntak tiba di Gedung KPK
Sumber :
  • VIVA/Rizki Riyan

VIVA Nasional – Tim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), terus melakukan pengumpulan bahan dan keterangan dalam penyelidikan dugaan suap dana hibah yang menjerat Wakil Ketua DPRD Jawa Timur, Sahat Tua Simanjuntak. 

Siapa yang Buat Gerombolan Kambing Masuk JLNT Casablanca?

Salah satunya dengan memeriksa rekaman dari CCTV, di lingkungan gedung DPRD Jatim, yang berlokasi di Jalan Indrapura, Surabaya.

Pemeriksaan rekaman CCTV dilakukan tim KPK di ruang server CCTV pada Kamis, 15 Desember 2022. Setidaknya 6 orang dari KPK yang melakukan pemeriksaan. Sebelum itu, tim juga menggeledah ruang kerja Sahat Tua Simanjuntak dan Kepala Sub Bagian Rapat dan Risalah. Tiga ruangan yang digeledah itu, berada di lantai gedung dewan.

Golkar-Gerindra Jatim Jajaki Peluang Usung Mantu Pakde Karwo di Pilwakot Surabaya

Petugas jaga CCTV dan Telepon DPRD Jatim Suwadji mengatakan, total CCTV yang ada di lingkungan DPRD Jatim berada di 103 titik. Rekaman gambar kamera pemantau di semua titik itu, diamati oleh tim KPK. Rekaman yang diamati mulai tanggal 13 sampai 15 Desember 2022. 

“Banyak mas (rekaman gambar CCTV yang diperiksa),” kata Suwadji kepada wartawan.

Jalin Komunikasi dengan Ridwan Kamil, PDIP Incar Posisi Cawagub di Jabar

Diberitakan sebelumnya, tim KPK menggelar OTT di lingkungan DPRD Jatim pada Rabu malam. Salah satu yang ditangkap ialah Wakil Ketua DPRD Sahat Tua Simanjuntak. Tim KPK juga menyegel ruang kerja Sahat, lalu digeledah.

Pengamatan VIVA Jatim di gedung DPRD Jatim, Jalan Indrapura Surabaya, selain ruang kerja Sahat, tim KPK juga menggeledah ruang server CCTV dan Kepala Sub Bagian Rapat dan Risalah pada Sekretariat DPRD Jatim yang juga berada di lantai dua. Di ruang CCTV, tiga penyelidik KPK memeriksa rekaman video yang terekam di server.

Mengawal tim KPK, sejumlah personel kepolisian bersenjata lengkap berjaga-jaga di sekitar ruangan DPRD Jatim yang digeledah. Belum ada keterangan diperoleh dari tim terkait data apa saja yang sudah mereka kumpulkan.

Di sisi lain, tim KPK lainnya dikabarkan melakukan pemeriksaan terhadap Sahat Tua Simanjuntak dan sejumlah orang yang diamankan di Markas Polrestabes Surabaya yang berada di Jalan Sikatan, yang lokasinya tak begitu jauh dari gedung DPRD Jatim di Jalan Indrapura.

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron membenarkan bahwa pihaknya tengah melakukan kegiatan penindakan di Surabaya pada Rabu malam. Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri juga membenarkan bahwa yang diamankan ialah salah satu Wakil Ketua DPRD Jatim.

“Benar tadi malam tim KPK berhasil melakukan tindakan tangkap tangan terhadap beberapa pihak di wilayah Surabaya Jatim,” kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Kamis, 15 Desember 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya