Wahyu Kenzo Dikabarkan Miliki Sejumlah Rumah Mewah di Kawasan Elit Malang

Perumahan Grand Permata Jingga 2 Malang, Jawa Timur
Sumber :
  • Uki Rama (Malang)

VIVA Nasional - Crazy rich Surabaya Wahyu Kenzo dikabarkan memiliki sejumlah aset berharga di Malang, Jawa Timur. Pria asal Surabaya itu memang memiliki istri asal Malang bernama Anggie Jesey. 

Wow! Crazy Rich Vietnam Divonis Mati Gegara Korupsi 200 Triliun

Dari informasi yang diperoleh di lapangan, Wahyu Kenzo informasinya memiliki sejumlah unit rumah mewah di salah satu perumahan elit di Malang. Aset itu berada di Perumahan Grand Permata Jingga 2 Malang, Jawa Timur.

Saat jurnalis VIVA mencoba untuk bertemu dengan pengelola perumahan, komandan regu atau Danru perumahan setempat bernama Muhammad Domi mengatakan pimpinan perumahan sedang tidak ada di kantor.

Sosok Helena Lim, ‘Crazy Rich’ PIK Jadi Tersangka Kasus Korupsi Timah

Domi mengaku bahwa petugas yang berada di kantor pemasaran adalah karyawan biasa yang tidak bisa dimintai keterangan kecuali pimpinan. 

Perumahan Grand Permata Jingga 2 Malang, Jawa Timur.

Photo :
  • Uki Rama (Malang)
Crazy Rich PIK Helena Lim Jadi Tersangka Korupsi Timah, Langsung Ditahan

"Mohon maaf pimpinan perumahan sedang keluar tidak ada di kantor. Kami tidak berani memberikan akses karena pimpinan sedang ada acara di luar," kata Domi, Rabu, 8 Maret 2023.

Saat ditanya soal kabar sejumlah aset yang dimiliki oleh Wahyu Kenzo di Grand Permata Jingga, Danru keamanan perumahan mengaku tidak mengetahui. Begitu juga ketika ditunjukkan foto Wahyu Kenzo, Domi mengaku tidak mengenal karena baru dipindahtugaskan di tempat ini. 

"Saya tidak tahu. Mohon maaf karena saya baru pindah kurang lebih satu tahun. Sebelumnya saya bertugas di Permata Jingga 1," ujar Domi. 

Kapolresta Malang Kota, Komisaris besar polisi Budi Hermanto mengatakan, dugaan aset kekayaan Wahyu Kenzo selain di dalam negeri, juga ada di beberapa negara, mengingat tersangka sering melakukan perjalanan ke luar negeri. Saat ini polisi sedang bekerjasama dengan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) untuk melakukan tracing.

"Aset di luar negeri ini masih kita dalami, karena kita bekerja sama dengan PPATK. Kami juga sudah mengirim surat melalui Ditreskrimsus kepada PPATK, dan kami sudah berkoordinasi melalui zoom untuk tracing aset-aset yang bersangkutan," ujar Budi Hermanto.

Dari tangan tersangka, Polisi menyita barang bukti 8 kardus susu nutrisi, 3 buah print out bukti keluar-masuk uang milyaran, flashdisk dan 3 unit ponsel.

Wahyu Kenzo

Photo :
  • Instagram: wahyukenzo88

Atas perbuatannya, tersangka dijerat pasal berlapis, yakni Pasal 115 Juncto Pasal 65 ayat (2) UU RI nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan, Pasal 106 Juncto Pasal 24 ayat (1) UU RI nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan.

Pasal 45A Juncto Pasal 28 Ayat 1 UU nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU nomor 11 Tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik (ITE), Pasal 378, Pasal 372.

Pasal 3 dan Pasal 4 Undang undang Republik Indonesia nomor 8 Tahun 2010 tentang pencegahan dan Pemberantasan tindak pidana Pencucian uang, dengan ancaman 20 tahun penjara dan denda Rp10 miliar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya