6 Fakta Gerhana Matahari Hibrida, Fenomena Langka yang Terjadi Hari Ini

Gerhana Matahari.
Sumber :
  • NU Online

VIVA Nasional – Fenomena langka gerhna a matahari hibrida terjadi hari ini, Kamis, 20 April 2023. Adapun gerhana. matahari hibrida hanya bisa disaksikan di 11 wilayah Indonesia timur, terutama di Maluku dan Papua.

Begini Tampilan Gerhana Matahari Total dari Luar Angkasa

Gerhana Matahari hibrida terdiri atas dua tipe tantangan, yakni guncangan matahari cincin dan guncangan matahari total. Nah, berikut deretan Fakta mengenai Gerhana Hibrida yang merupakan fenomena langka yang terjadi hari ini:

1. Gerhana Matahari Hibrida

Jangan Panik Jika Siang Nanti Langit Mendadak Berubah Malam

Gerhana matahari

Photo :

Dilansir dari laman BMKG, Kamis, 20 April 2023, gejolak hibrida matahari terjadi ketika Matahari, Bulan, dan Bumi tepat berada segaris.

Mitos Seputar Gerhana Matahari Total, Hanya 1 yang Benar

Sehingga, di suatu tempat tertentu terjadi peristiwa piringan Bulan yang teramati dari Bumi lebih kecil dari piringan Matahari. Sementara itu, dari tempat tertentu lainnya terjadi peristiwa piringan Bulan yang teramati dari Bumi sama dengan piringan Matahari.

Akibatnya, saat puncak dihancurkan di suatu tempat tertentu, Matahari akan tampak seperti cincin, yaitu gelap di bagian tengahnya dan terang di bagian pinggirnya. Sedangkan di tempat tertentu lainnya, Matahari seakan-akan tertutupi Bulan.

Gerhana Matahari Cincin

Photo :
  • ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

Secara keseluruhan, di Indonesia, Gerhana Matahari Total hanya melintasi selusin daerah di wilayah timur. Mereka tersebar di Pulau Kisar, Pulau Maopora, ujung barat Pulau Manaoka, wilayah Oeta di Kepulauan Watubela, Antalisa, wilayah di leher burung Papua, Roswar, Pulau Num, Pulau Roon, dan Biak.

3. Puncak Gerhana Matahari Total

Sejumlah warga mengamati gerhana Matahari cincin melalui teleskop di halaman Masjid Baiturrahman, Kabupaten Simeulue, Aceh, Kamis, 26 Desember 2019.

Photo :
  • VIVAnews/Dani Randi

Gerhana Matahari Total terjadi di Pulau Kisar, Maluku, puncaknya pada pukul 13.22 WIT. Selama 1 menit 14 detik. Terakhir di Biak, Papua, dengan puncak gerhana pada 13.57 WIT.

4. Puncak Gerhana di Indonesia Bagian Barat

Gerhana Matahari

Photo :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

Sedangkan Indonesia Barat dan Tengah akan mengalami puncak Gerhana Matahari Sebagian sekitar pukul 10.00–11.30 WIB atau 11.00–12.30 WITA. Di Jakarta sendiri, puncak gerhana akan terjadi pada 10.45 WIB.

5. Gerhana Matahari Total Berikutnya

Gerhana Matahari Sebagian

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube

Di Indonesia, Gerhana Matahari Total baru tercatat tiga kali selama empat dasawarsa terakhir, dengan yang sebelumnya terjadi pada Maret 2016. Setelah 20 April 2023, Indonesia baru dapat menyaksikan Gerhana Matahari berikutnya pada 22 Juli 2028, meski hanya sebagian.

6. Gerhana Matahari Hibrida yang akan Datang

Ilustrasi Gerhana Matahari.

Photo :
  • Humas Universitas Brawijaya.

Sedangkan Gerhana Matahari Hibrida lebih langka lagi. sebelumnya terjadi hampir 10 tahun lalu, tepatnya 3 November 2013. Gerhana hibrida berikutnya pada November 2031 dan akan terlihat di sebagian AS. Setelahnya, Gerhana Matahari Hibrida diperhitungkan terjadi baru akan terjadi lagi pada 23 Maret 2164.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya