Alasan David Yulianto Palsukan Pelat Dinas Polri: Biar Bisa Lewat Jalur Busway

David Yulianto Koboi Jalanan Jakarta
Sumber :
  • Tim tvOne/ Rizki Amana

VIVA Nasional – Polisi mengungkapkan, alasan pengemudi sedan Mazda David Yulianto (32) memalsukan pelat nomor Polri 10011-VII pada mobil yang dipakainya. Penggunaan pelat mobil itu dilakukan agar pelaku bisa masuk jalur busway.

Daftar Mobil Baru yang Cicilannya di Bawah Upah Minimum

"Keterangan sementara plat dinas palsunya agar dia bisa lewat jalur busway," kata Kasubdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Titus Yudho Uly pada hari Minggu, 7 Mei 2023.

Viral pengendara mobil berpelat dinas Polri menodongkan pistol

Photo :
  • Tangkapan layar
Terpopuler: Polisi Gerebek Pameran Otomotif, Pesan Mobil Sport Listrik Rp1,1 Miliar

Uly mengatakan, pemalsuan plat nomor Polri 10011-VII juga dilakukan agar tidak ditegur petugas saat berkendara di bahu jalan. "Dan (bisa lewat) bahu jalan di tol tanpa di tangkap," jelasnya.

Sebelumnya, pengemudi sedan Mazda yang menodongkan pistol ke sopir taksi online di Tol Dalam Kota, diduga memalsukan plat nomor Polri 10011-VII yang dipakai di mobilnya.

Spek dan Harga 7 Mobil Mewah Harvey Moeis yang Disita Kejagung, Rolls-Royce sampai Ferrari

Pasalnya, nomor dinas Polri itu nyatanya teregister di mobil Toyota Kijang. Mobil Kijang tersebut adah mobil dinas milik anggota Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya bagian Renmin. Mobil tersebut sendiri hari ini nampak di Markas Polda Metro Jaya

"TNKB yang digunakan terlapor, saat ini masih terdaftar pada kendaraan jenis toyota kijang tahun 2003 dinas milik Polda Metro Jaya dan masih terpasang sesuai peruntukannya dengan masa berlaku 13/4/2022 sampai dengan 13/4/2023," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Trunoyudo Wisnu Andiko kepada wartawan, Jumat 5 Mei 2023.

Kata dia, untuk kendaraan sedan Mazda pelaku yang memakai nopol 10011-VII disebut tidak terdaftar dalam register Biro Logistik Polda Metro Jaya dan tidak sesuai peruntukannya atau bisa dikatakan pelat palsu.

Pengemudi mobil Mazda dengan nomor kendaraan Polri yang menodongkan pistol ditangkap oleh polisi

Photo :
  • VIVA/Foe Peace

Eks Kabid Humas Polda Jawa Timur itu menyebut, saat ini pihaknya masih melakukan penyelidikan terkait pemasangan plat nomor dinas Polri palsu hingga mencari keberadaan pelaku.

"Dalam kasus ini, anggota sedang melakukan penyelidikan. hasil penyelidikan sementara pertama untuk tanda nomor kendaraan (TNKB) yang digunakan pada kendaraan terlapor, tidak sesuai peruntukan," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya