Megawati Dorong BRIN Kembangkan Reaktor Nuklir Lagi Seperti Era Bung Karno

Ketua dewan pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Megawati Soekarnoputri.
Sumber :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Jakarta – Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Megawati Soekarnoputri ingin Indonesia kembali mengembangkan reaktor nuklir lagi seperti negara lain, salah satunya Korea Utara. Dia menyebut, ayahnya yakni Presiden Pertama Republik Indonesia, Soekarno sudah sempat mengembangkan teknologi nuklir di Bandung, Jawa Barat. 

Songsong Era PLTN, BRIN Garap Riset Konversi Pembangkit Listrik Batu Bara Menjadi Nuklir

"Bung Karno saja sudah berpikir untuk kita punya reaktor nuklir, saya sangat ingat adanya itu di bandung namanya Triga Mark Bandung," ujar Megawati di Gedung TVRI, Jakarta, Senin, 12 Juni 2023.

Fasilitas kompleks bangunan dengan reaktor nuklir di Bucahanan, NY

Photo :
  • AP Photo/Seth Wenig, File
Oposisi Akan Jadi Minoritas dan Kandidatnya Hanya PKS-PDIP, Menurut Peneliti Senior BRIN

Menurut Presiden Republik Indonesia ke-5 ini, Indonesia belum jauh ketinggalan untuk menciptakan teknologi nuklir tersebut. Dia pun optimistis, Indonesia dapat menyusul ketertinggalan dari negara lain. 

"Jadi sebenarnya kalau kita bisa men-develop-nya kembali menurut saya tidak telat. Kita bisa menyusul mereka-mereka yang telah mempunyainya," ujar dia. 

BRIN Dukung Industri Kendaraan Listrik Nasional Lewat Pameran IEMS 2024, Catat Tanggalnya

Kemudian dia pun menyoroti negara Korea Utara (Korut) yang dianggap sebagai negara terbelakang. Namun, Korut mampu mengembangkan teknologi nuklir lebih maju dibanding negara lainnya. 

"Yang saya sering berpikir, kenapa sebuah negara yang sekarang masih negara begitu Korea Utara itu bisa sampai punya nuklir, artinya itu kenapa? manusianya, dedikasi mereka," katanya. 

Oleh sebab itu, sebagai Dewan Pengarah BRIN, dia mendorong BRIN untuk kembali mengembangkan reaktor nuklir di Indonesia. Dia pun ingin BRIN mencontoh kesuksesan Korut dengan memberikan dedikasi sepenuhnya agar Indonesia bisa kembangkan teknologi nuklir.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya