Seniman di Salatiga Sebut Ganjar Sosok Pemimpin Paket Komplit

Gabungan Seniman Indonesia (GSI) Kota Salatiga dukung Ganjar Pranowo
Sumber :
  • Istimewa

Salatiga – Gabungan Seniman Indonesia (GSI) Kota Salatiga mendeklarasikan dukungannya kepada Ganjar Pranowo untuk bisa terpilih dalam pemilihan presiden (pilpres) pada 2024.

Deretan Negara Asia Tenggara yang Berbentuk Republik

Deklarasi tersebut dilakukan di Gedung KORPRI di Mangunsari, Kecamatan Sidomukti, Kota Salatiga, Jawa Tengah pada Minggu, 18 Juni 2023.

Ketua Umum GSI, Roy Marten mengatakan deklarasi itu melibatkan ratusan seniman lokal yang ada di Salatiga. Roy menyebut seniman yang hadir berasal dari lintas kesenian. Mulai dari dalang, pelukis, penari, pemain teater, dan lain sebagainya. 

Wow, Siswa SMP Negeri 255 Jakarta Masuk Nominasi Terbaik Kompetisi Menulis Surat untuk Presiden

"GSI kali ini di Salatiga, kota kelahiran saya. Ini kota kedua setelah Sidoarjo, kami mendeklarasikan untuk mendukung Pak Ganjar sebagai Presiden Indonesia tahun 2024-2029," kata Roy.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Photo :
  • Istimewa
Badan Saksi Nasional Golkar Optimis Menang 70 Persen di Pilkada 2024

Artis senior tanah air tersebut menyatakan bahwa deklarasi ini diharapkan bisa menguatkan konsolidasi dukungan para seniman yang ada di Salatiga untuk Ganjar Pranowo

"Tujuannya menyatukan semua gerak, bersatu padu, mendukung, bersinergi, untuk memenangkan Ganjar Pranowo," ujar artis berusia 71 tahun tersebut. 

Dia menilai sosok Ganjar adalah pemimpin paket komplit dan memiliki bekal pengalaman yang baik untuk memimpin Indonesia. 

"Beliau itu punya jam terbang, sebagai legislatif maupun eksekutif. Beliau punya pengalaman menyusun undang-undang dan anggaran. Jadi, saat jadi presiden, soal anggaran, ekonomi, dan kebijakan-kebijakannya beliau ngerti sekali," kata dia. 

Roy mengaku pernah bertemu secara langsung dengan Ganjar. Dari pertemuannya tersebut, Roy menilai Ganjar adalah sosok yang sangat suka pada kesenian. 

Dalam pertemuan itu pula, Roy menyampaikan gagasannya terkait kebijakan-kebijakan pemerintah untuk para pelaku kesenian. Dia berharap kelak Ganjar bisa membangun infrastruktur khusus untuk menampung kesenian-kesenian daerah. 

"Pak Ganjar itu sangat suka dengan kesenian, sangat peduli pada kebudayaan, sangat antusias saat berbicara tentang kesenian," ungkapnya. 

Sukarelawan GSI pun berkomitmen untuk menjalin silaturahmi dengan seniman lokal lainnya di wilayah lain di Indonesia untuk menyosialisasikan figur Ganjar Pranowo. 

Sementara itu, Ketua GSI Kota Salatiga, Yudi Santosa menilai bahwa Ganjar adalah orang yang cocok melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan dari Joko Widodo. Menurutnya, Ganjar mampu merawat keberagaman di Indonesia. 

"Pak Ganjar ini sanggup untuk melanjutkan program yang sudah ada, menjadi program yang lebih baik untuk Indonesia menjadi negara maju dan ber-bhineka tunggal ika," ucap Yudi

"Pak Ganjar tidak pernah memihak satu sisi atau satu golongan, dia dapat melanjutkan program Pak Jokowi yang sangat toleran," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya