Warga Sumut Ramai-ramai Ikut Pelatihan Mandi Junub yang Diadakan Relawan Ganjar

Warga di Sumut dapat edukasi cara Mandi Wajib yang baik dan benar
Sumber :
  • Dok. Istimewa

Sumatera Utara – Dalam rangka memberikan edukasi untuk masyarakat, Relawan Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Ustaz Sahabat (Usbat) Ganjar Sumatera Utara (Sumut) menggelar pelatihan dan praktik mandi janabah atau junub. Pelatihan dan praktik mandi junub itu diadakan bersama Majelis Ta'lim Nurul Falaq dan masyarakat di Dusun Purwodadi, Desa Jati Sari, Kecamatan Padang Tualang, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. 

Xtrim Medan Gelar Event MAX-5, akan Dihadiri Ratusan Pencinta Trail di Indonesia

Muhammad Rizki, Koordinator Daerah Usbat Ganjar Kabupaten Langkat mengatakan kegiatan itu dilakukan untuk memberikan pemahaman ke masyarakat ihwal mandi junub yang baik dan benar menurut ajaran Islam.

"Kegiatan kami hari ini melaksanakan bagaimana mempraktikkan mandi janabah atau mandi wajib yang biasa kita kenal ke masyarakat, agar masyarakat lebih memahami cara mandi janabah yang selama ini masih banyak dari jemaah yang belum paham," ujar Rizki dalam keterangannya, Senin.

Momen Mahfud MD, Ketua MA hingga Ketua THN Amin Baca Puisi di Halal Bihalal IKA UII

Ilustrasi mandi

Photo :
  • U-Report

Dalam praktik secara langsung yang dilakukan, Usbat Ganjar memberikan pelajaran mulai dari jenis-jenis hadas besar dan hadas kecil, niat mandi junub, hingga bagian-bagian anggota tubuh yang wajib dibasuh.

Ditanya Gabung Kabinet Prabowo, Anies Bungkam karena Takut Dibilang Geer

Rizki memaparkan, edukasi ihwal mandi junub sangat penting diberikan kepada masyarakat lantaran kurangnya pemahaman. Oleh sebab itu, Usbat Ganjar melaksanakan pelatihan dan praktik mandi junub masyarakat lebih tercerahkan.

"Hal-hal dasar seperti ini yang paling penting dilakukan supaya masyarakat lebih paham bagaimana hal dasar yang dilakukan bisa dilaksanakan karena keseharian yang dilakukan adalah sebuah kewajiban untuk mendapatkan kesucian di dalam diri," jelas Rizki.

"Harapan kami ke depan bagaimana pelatihan-pelatihan tentang agama ini terus dilaksanakan untuk masyarakat yang bermanfaat bagi mereka," sambungnya.

Kegiatan Usbat Ganjar juga disambut antusias oleh masyarakat. Rizki menyebut, kegiatan serupa akan terus dilakukan untuk mengedukasi dan bersilatutahmi dengan masyarakat, sekaligus menyosialisasikan Ganjar Pranowo Presiden 2024.

"Sebelum kami memulai acara dari masyarakat sangat antusias karena jarang sekali dilaksanakan pelatihan-pelatihan seperti ini," ucap Rizki.

Kegiatan positif yang digelar sukarelawan Usbat Ganjar tak hanya disambut antusias masyarakat, tetapi juga mendapat apresiasi. Hal itu disampaikan Adilah, selaku perwakilan ibu-ibu Majelis Ta'lim Nurul Falaq yang mengikuti kegiatan pelatihan dan praktik mandi junub Usbat Ganjar.

Menurutnya, kegiatan tersebut sangat bermanfaat untuk masyarakat di Kecamatan Padang Tualang. Dia juga mengaku mendapat banyak ilmu ihwal mandi junub yang selama ini kurang dipahami.

"Alhamdulillah (kegiatannya) kalau untuk masyarakat bermanfaat sekali. Karena banyaknya sekarang ini kurangnya pengetahuan-pengetahuan seperti ini banyak kekurangan bagi masyarakat kita. Alhamdulillah adanya (kegiatan) ini bisa membangun akhlak masyarakat kita," ungkap Adilah.

Tak hanya itu, Adilah juga mengaku tercerahkan tentang sosok calon presiden Ganjar Pranowo yang disosialisasikan Usbat Ganjar. Dia mendukung Ganjar untuk menjadi Presiden Indonesia 2024 agar Indonesia semakin maju dan makmur.

"Mudah-mudahan Pak Ganjar menjadi presiden yang adil, yang bisa memakmurkan dan menjadikan Indonesia ini seperti Indonesia yang kami inginkan, yang bersatu, jauh dari korupsi dan selalu membela rakyat yang di bawah," tutur Adilah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya