Atasi Musim Paceklik Ikan, Ribuan Bibit Mujair Disebar di Kabupaten Pangandaran

Ribuan bibit Ikan Mujair disebar di Pangandaran untuk atasi musim paceklik Ikan
Sumber :
  • Dok. Istimewa

Jawa Barat – Relawan Nelayan Balad Ganjar bergerak cepat membantu pelaut kecil di Dusun Bojongsalawe, Desa Karangjaladri, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran yang mengalami paceklik. Koordinator Nelayan Balad Bojongsalawe, Sudin mengatakan pihaknya menyerahkan bantuan 5.000 bibit ikan mujair, pakan ikan, membangun kolam pembibitan, serta fasilitas saung untuk kelompok pelaut kecil. 

Gempa Bumi 6,5 SR Guncang Garut, Terasa Hingga Jabodetabek

Bantuan ini adalah bentuk perhatian sekaligus solusi alternatif bagi para nelayan guna menunjang perekonomian pada musim paceklik ikan. Menurut Sudin, ikan mujair atau java tilapia adalah salah satu jenis ikan air tawar yang diminati masyarakat Indonesia dan bisa jadi bisnis menguntungkan. 

"Kami memberikan bibit ikan mujair, ada pakannya, ada kolamnya untuk demi kemajuan nelayan karena lagi musim paceklik," kata Sudin, dalam keterangannya, Selasa 27 Juni 2023. 

Punya Banyak Proyek Properti di Bandung Raya, APLN Pede Kuasai Pasar Jawa Barat

Penjual ikan mujair

Photo :
  • Antara/ Green Lee

Dia menyebut, para nelayan pesisir di Dusun Bojongsalawe mengalami paceklik sejak tiga bulan lalu dan diprediksi kondisi ini bakal terus berlanjut sampai empat bulan ke depan. Pada masa paceklik, para nelayan terpaksa harus mencari pekerjaan alternatif lain untuk mencari nafkah seperti buruh, pekerja serabutan, dan lain sebagainya. 

Istri Wali Kota Bogor Ajak Masyarakat Dukung Produk Lokal

Sudin menjelaskan, bantuan ini akan dikelola oleh kelompok nelayan kecil di Dusun Bojongsalawe. Relawan tersebut juga bakal membantu pemasaran ikan jika telah masuk masa panen dan hasil penjualannya diperuntukkan bagi nelayan dusun setempat. 

"Sudah dari tiga bulan ke belakang paceklik. Nanti masyarakat bisa berkegiatan di sini (membudidayakan ikan mujair) dan membantu ekonomi nelayan," ungkap dia. 

Salah satu nelayan, Endang Suhendar (55) mengaku mengalami kesulitan di musim paceklik. Hadirnya simpatisan Ganjar menjadi harapan terhadap pertumbuhan ekonomi nelayan setempat. 

"Kalau menurut pendapat saya itu lebih bagus, membantu rakyat Bojongsalawe karena (kesulitan) permodalan (jika membangun kolam budidaya sendiri). Bangga bener lah, membantu rakyat di sini yang lagi paceklik," ucap dia. 

Sebagai informasi, Nelayan Balad Ganjar bersama para pelaut pesisir Dusun Bojongsalawe juga mendeklarasikan dukungan untuk Ganjar Pranowo Presiden RI 2024-2029. Mereka berharap Ganjar dapat menjadi Presiden dan meneruskan apa yang telah dilakukan oleh Presiden Jokowi saat ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya