Bareskrim Gerebek Pabrik Jamu Ilegal di Banyuwangi, Puluhan Drum Disita

Dirtipnarkoba Bareskrim Polri, Brigjen Pol Mukti Juharsa saat konferensi pers.
Sumber :
  • Viva.co.id/ Yeni Lestari

Jakarta –  Tim Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri, menggerebek sebuah pabrik pembuatan jamu diduga ilegal, di Dusun Kepatihan, Desa Kedaleman, Banyuwangi, Jawa Timur. Selain itu, Tim Bareskrim juga menyita sejumlah barang bukti di tempat kejadian perkara.

Ratusan Alumni Akpol 96 Kumpul Bareng, Ada Apa?

“Pabrik ini memproduksi jamu ilegal yang berbahaya bagi kesehatan manusia karena dicampur bahan kimia obat (BKO),” kata Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri, Brigjen Mukti Juharsa di Jakarta pada Selasa, 11 Juli 2023.

Menurut dia, pabrik ini dilakukan untuk tempat proses pengolahan, pemasakan bahan baku hingga proses pengepakan di dalam dus. Makanya, ada puluhan drum yang berisi ratusan ribu liter jamu ilegal mengandung bahan bahan berbahaya.

Kesehatan Makin Memburuk, Istana Buckingham Perbarui Rencana Pemakaman Raja Charles III

“Berhasil disita ratusan ribu botol ukuran kecil, ratusan dus jamu siap edar, dan bahan baku campuran jamu ilegal,” ujarnya.

Mukti mengatakan, ]ada dampak kesehatan akibat pencampuran bahan kimia obat ke dalam jamu tradisional, sehingga dilakukan penggerebekan. Kini, kata dia, pihaknya masih melakukan pengembangan atas kasus tersebut.

Bareskrim Polri Periksa Eks Gubernur Bangka Belitung soal Kasus Pemalsuan Dokumen

“Sampai saat ini kasus ini masih dilakukan pengembangan dalam kasus ini,” pungkasnya.

Ribuan Kendaraan Lintasi Tol Cipali saat Puncak Arus Mudik Lebaran 2024

Survei KedaiKOPI: Mayoritas Masyarakat Puas Atas Kinerja Polri Amankan Mudik Lebaran

Sebanyak lebih dari 80 persen responden menyatakan puas atas kinerja polisi lalu lintas dalam menjaga keamanan dan kelancaran dalam arus mudik dan balik Lebaran 2024.

img_title
VIVA.co.id
28 April 2024