Daya Rusak Awan Panas Guguran Gunung Karangetang Cukup Besar, Menurut Pos Pengamatan

Petugas melakukan pengamatan visual awan panas Gunung Karangetang di Pos Pemantau Gunung Api (PGA) di Desa Salili, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, Kamis, 7 Februari 2019.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Adwit B Pramono

Manado – Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Karangetang berharap warga mewaspadai potensi awan panas guguran Gunung Karangetang di Pulau Siau, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara.

Belasan Kali Erupsi di Gunung Api Ile Lewotolok Lembata NTT

"Terjadinya awan panas guguran akibat runtuhnya material vulkanik yang menumpuk setelah keluar dari puncak kawah," kata Ketua Pos PGA Karangetang Yudia P Tatipang di Manado, Rabu, 12 Juli 2023.

Saat ini, kata dia, luncuran lava pijar terpantau menuruni kemiringan tubuh Gunung Karangetang. Aktivitas luncuran lava ditandai dengan asap putih yang memanjang di lereng tubuh gunung, luncuran lava tersebut mengarah ke Kali Kahetang.

Gencarkan Promosi, Langkah Sandiaga Pulihkan Pariwisata Gunung Ruang usai Erupsi

Material vulkanik gunung api Karangetang terpantau dari laut bagian barat Pulau Siau, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, Kamis, 7 Februari 2019.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Adwit B Pramono

Dia mengatakan, material vulkanik yang dimuntahkan Gunung Karangetang saat ini menumpuk di tubuh gunung pada kemiringan ekstrem. Hal ini dapat menyebabkan material vulkanik tidak stabil dan sewaktu-waktu bisa runtuh dan meluncur deras menuruni tubuh gunung.

10 Desa dan 2 Kelurahan Terdampak Hujan Abu-Kerikil Erupsi Gunung Ruang, Menurut BNPB

"Daya rusak awan panas guguran ini cukup besar, suhunya cukup tinggi sehingga radius 300 meter di kiri dan kanan kali atau sungai hangus. Mari tetap waspada," katanya.

Saat ini, kata dia, Pos PGA Karangetang bersama dengan Pemerintah Kabupaten terus memantau perkembangan aktivitas gunung api di Pulau Siau tersebut.

"Belum ada dusun atau kampung lain yang diungsikan, tetapi semua dalam pemantauan. Kalau memang sudah membahayakan, kami akan berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten untuk langkah selanjutnya," kata dia.

Gunung Karangetang keluarkan awan panas

Photo :
  • dok PVMBG

Sebanyak 17 warga atau 9 kepala keluarga warga Dusun Bolo, Kelurahan Tarorane, Kecamatan Siau Timur, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, diungsikan akibat awan panas guguran Gunung Karangetang. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya