DPR Tak Masalah Polri Beli Pesawat Nyaris 1 Triliun

Pesawat baru Polri Boeing 737-800NG, register P-7301
Sumber :
  • flightsim.to

Jakarta – Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Habiburokhman mengaku tak masalah Polri membeli pesawat jet Boeing 737 800NG seharga Rp 995,35 miliar atau hampir Rp 1 triliun. Dia menyebut pembelian itu disesuaikan dengan kebutuhan Polri untuk menunjang kinerja. 

Elite Gerindra Sebut Khofifah-Emil Dardak Diharapkan Kembali Diusung di Pilkada Jawa Timur

"Komisi III DPR RI, termasuk saya sendiri, menurut saya tidak ada yang perlu dipersoalkan dengan pembelian pesawat tersebut, yang paling penting sebagai usernya Polri memang membutuhkan. Kalau dibutuhkan pesawat untuk mobilisasi personel, bantuan, peralatan, mau bekas, baru enggak ada masalah," kata Habiburokhman dikutip Senin, 17 Juli 2023. 

Pesawat baru Polri Boeing 737-800NG, register P-7301

Photo :
  • flightsim.to
Bongkar Kecacatan Produksi Boeing 737 Max, 2 Orang Pelapor Tewas Misterius

Politikus Gerindra itu mengatakan, institusi sebesar Polri memang harus ditunjang fasilitas memadai untuk meningkatkan kinerja. Apalagi menjelang tahun politik 2024, Polri butuh untuk pengamanan pada situasi mendesak. 

Mengingat Indonesia merupakan negara kepulauan yang besar, sehingga dibutuhkan fasilitas untuk mempermudah mobilitas antara wilayah.

Kesalahan Produksi dan Kritik Diabaikan, Perusahaan Boeing Dalam Ambang Krisis

"Masalahnya di mana? Kita institusi sebesar Polri apalagi menjelang pemilu, tentu perlu dilengkapi dengan fasilitas yang bisa digunakan di situasi-situasi urgent dan mendesak. Kita tahu kan daerah kita kepulauan, enggak gampang. Kadang-kadang deployment pasukan, alat, itu harus cepat. Enggak gampang pakai pesawat yang reguler, komersil," kata Habiburokhman.

Lebih lanjut, dia juga tak masalah dengan penganggaran pesawat oleh Polri. Terlebih, untuk pembelian pesawat tersebut, Polri menggandeng Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

"Penganggarannya saya cek ke Kapolri, itu juga melibatkan BPK. Saya sudah cek, penganggaran sehat enggak ada masalah," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya