BP2MI Tutup SISKOTKLN, Penempatan Pekerja Migran Mulai Gunakan SIAPkerja

Kepala Badan BP2MI
Sumber :
  • Natania Longdong/VIVA

Jakarta – Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), resmi menutup layanan Sistem Komputerisasi Tenaga Kerja Luar Negeri (SISKOTKLN). Hal itu disampaikan Kepala BP2MI, Benny Rhamdani, pada Senin, 17 Juli 2023. 

Paparkan Revolusi Ketenagakerjaan PMI, Kepala BP2MI Sebut Golden-Triangle Harus Kolaborasi Solid

‘’Berdasarkan surat Kepala BP2MI tersebut, maka terhitung sejak tanggal 17 Februari 2023 pukul 00.00 WIB, aplikasi SISKOTKLN ditutup. Sebagian khususnya pada tahapan pendaftaran (registrasi), dan selanjutnya layanan proses penempatan akan dilakukan melalui sistem yang terintegrasi dengan ketentuan tertentu,’’ ujar Benny saat konferensi pers di Command Center kantor BP2MI, Jakarta. 

Ketentuan yang dimaksud berupa proses pendaftaran, dan penandatanganan perjanjian penempatan, yang dilakukan di Layanan Terpadu Satu Atap (LTSA) Pekerja Migran Indonesia dinas kabupaten/kota melalui SIAPkerja. 

Mendag Sebut Revisi Kebijakan Impor Rampung Pekan Ini, Simak Ketentuannya

Kepala Badan BP2MI

Photo :
  • VIVA/ Natania Longdong

Proses pemenuhan dokumen, Orientasi Pra Pemberangkatan (OPP) dan Pendataan Sidik jari biometrik dilakukan di Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) melalui aplikasi Sistem Komputerisasi Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (SISKOP2MI). 

Barang Kiriman TKI Bebas Pajak Bakal Naik Jadi Maksimal US$2.800 per Tahun

‘’Kemudian, Calon Pekerja Migran Indonesia yang telah teregistrasi di SISKOTKLN sebelum tanggal 17 Februari 2023, tahapan proses lanjutan tetap dilaksanakan di SISKOTKLN selambat – lambatnya lima bulan sejak ditutupnya SISKOTKLN, atau setelah habis masa berlakunya perjanjian penempatan antara P3MI (Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia) dengan Calon Pekerja Migran Indonesia,’’ ujar Benny. 

Kepala BP2MI juga menyampaikan poin penting terkait dasar ditutupnya aplikasi SISKOTKLN tersebut. Tak hanya itu, untuk calon pekerja migran yang telah mendaftar, diarahkan untuk melakukan pendaftaran ulang secara online. 

‘’Dasar penutupan Aplikasi SISKOTKLN adalah Surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan nomor B-3/01/PK.02.01/II/2023 tentang Penggunaan SIAPkerja dan Penerbitan ID Calon Pekerja Migran Indonesia tanggal 10 Februari 2023 yang ditindaklanjuti BP2MI melalui surat Kepala BP2MI nomor : B.185/KA/PP.03.05/II/2023, tertanggal 16 Februari 2023. Surat Kepala BP2MI Nomor: B.662/KA/PP.03.05/VII/2023,’’ kata Benny. 

Selanjutnya, pemberitahuan penutupan SISKOTKLN kepada seluruh Direktur Utama P3MI, dan layanan kepada Lembaga Pelatihan Kerja/Balai Latihan Kerja Luar Negeri (LPK/BLKLN) atau lembaga lain yang sejenis terkait pelatihan Calon Pekerja Migran Indonesia. 

‘’Bagi Calon Pekerja Migran Indonesia yang telah teregistrasi pada SISKOTKLN namun belum menyelesaikan seluruh tahapan proses penempatan agar melakukan pendaftaran (registrasi) ulang secara daring melalui SIAPkerja, dan tahapan proses selanjutnya dilakukan melalui SISKOP2MI,’’ tutur Benny. 

Tak lupa ia menegaskan soalayanan penempatan pada Calon Pekerja Migran Indonesia, dan apabila ada pertanyaan, aduan, keluhan terkait aplikasi SISKOP2MI, harap dikirimkan melalui nomor 0877-4238-3967 (layanan chat WhatsAPP) selama jam kerja.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya