Kisah Komunitas Jejak Harimau dari Media Sosial ke Dunia Nyata

Komunitas Jejak Harimau mendirikan Yayasan Jejak Harimau Sumatera
Sumber :
  • Andri Mardiansyah

Padang - Komunitas Jejak Harimau yang mulanya hanya bermain di ranah media sosial, kini resmi berbadan hukum. Terbitnya surat keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI tertanggal 7 Juli 2023, menandakan resmi sudah komunitas ini menjadi sebuah yayasan yang peduli dan fokus terhadap isu-isu konservasi satwa Harimau Sumatera

Top Trending: Poster Nobar Timnas Indonesia Dipenuhi Foto Pejabat, Jawaban Tak Terduga Seorang Anak

Ide mendirikan Yayasan Jejak Harimau Sumatera ini, muncul dari pemikiran dua Fotografer Jurnalistik yang berdomisili di Sumatera Barat. Mereka adalah Andri Mardiansyah dan Adi Prima.
 
"Mulanya kita kasih nama Jejak Harimau. Namun menurut regulasi terbaru, usulan pendirian sebuah yayasan harus tiga kata. Kita sepakati nama yayasannya, Jejak Harimau Sumatera," kata Andri Mardiansyah, Rabu 19 Juli 2023.

Perburuan Harimau Sumatera kian mengkhawatirkan. (Foto ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi
Video Pemobil Tak Merasa Salah Setelah Bikin Pengendara Motor Kecelakaan

 
Menurut Andri, peran dari Almarhum Nasrul Abit, Wakil Gubernur Sumatera Barat periode 2016-2021 dalam perjalanan sejarah Jejak Harimau hingga berada di titik sekarang, cukup besar. Panjang kalau diceritakan. Yang jelas, ketiga inisiator Jejak Harimau ini, punya mimpi besar. Mimpi yang harus diwujudkan meski satu di antaranya sudah berpulang ke pangkuan Ilahi.
 
Andri bilang, interaksi negatif Harimau Sumatera dan pekerja kebun kelapa sawit di wilayah Sungai Aur, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat pada Senin 19 Juli 2021, menjadi titik awal yayasan ini berdiri.

Upaya kampanye dan edukasi tentang pentingnya menjaga keberlangsungan habitat satwa pemuncak yang kini sudah diambang kepunahan itu kata Andri, pertama kali dilakukan Jejak Harimau melalui flatform media sosial pada 21 Juli 2021.
 
"Di flatform media sosial, kami bermain dengan visual fotografi, videografi dan narasi pendukung. Kami menyuguhkan visual eksklusif terkait dengan Harimau Sumatera ini. Respons publik cukup baik. Bahkan, banyak yang menyarankan untuk segera punya badan hukum," ujar Andri.
 
Menggunakan medium fotografi kata Andri, Yayasan Jejak Harimau Sumatera turut ambil peran menjaga populasi harimau sumatera yang kini kian mengkhawatirkan bahkan diambang kepunahan. Fotografi menurut Andri, memegang peranan penting sebagai media kampanye karena mampu manyajikan fakta kondisi di lapangan yang lebih menggugah.
 
Sementara itu, ketua yayasan Jejak Harimau Sumatera, Adi Prima mengatakan butuh peran dan sinergi yang kuat seluruh elemen dalam upaya-upaya penyelematan subspesies terkahir harimau Indonesia yang kian hari tantangannya semakin berat.
 
"Tantangan menjaga subspesies terkahir harimau Indonesia kini kian berat. Untuk itu, Yayasan Jejak Harimau Sumatera hadir. Bagi kami, satwa pemuncak ini tak hanya merupakan satwa yang menempati posisi puncak predator, tapi juga merupakan bagian dari jati diri bangsa ini," kata Adi Prima.
 
Adi Prima melanjutkan, tujuan utama Yayasan Jejak Harimau Sumatera tak lain menularkan virus positif pentingnya menjaga, melindungi dan melestarikan habitat Harimau Sumatera untuk keseimbangan ekosistem.
 
Selain itu kata Adi, kita ingin menjadikan yayasan ini sebagai media pengarusutamaan kampanye dan edukasi tentang pelestarian Harimau Sumatera melalui medium fotografi, videografi dan narasi-narasi yang mampu membangkitkan kesadaran publik.
 
"Tak cuma itu saja, kita punya mimpi Yayasan Jejak Harimau Sumatera bisa menjadi pusat studi, data dan informasi Harimau Sumatera dan ikut serta memperkuat upaya mitigasi konflik dengan melakukan pendekatan melalui aspek kultural dan aspek ekologis demi terwujudnya harmonisasi kehidupan manusia dan Harimau Sumatra. Semoga," tutup Adi Prima.

Pesta Rakyat yang digelar Kemenkominfo

Kemenkominfo Gelar Pesta Rakyat "Welcoming Gen-Alpha Chance and Challenge in Digital Era"

Kemenkominfo mengadakan pagelaran Pesta Rakyat dengan tema “Welcoming Gen Alpha Chance and Challenge in Digital Era”.

img_title
VIVA.co.id
1 Mei 2024