Segini Gaji yang Diterima Irfan Urane Aziz, Bima Mukti dan Enzo Allie Usai Jadi Perwira TNI-Polri

Irfan Urane Azis
Sumber :
  • Instagram

VIVA – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) telah melantik Perwira TNI-Polri tahun 2023 di Istana Merdeka Jakarta pada Rabu, 26 Juli 2023.

Bikin Istri dan Pacar Senang, Ini Pilihan Mobil Baru Buat Gaji UMR

Pelantikan perwira TNI-Polri ini dilaksanakan berdasarkan surat Keputusan Presien Republik Indonesia Nomor 52 TNI Tahun 2023 dan Nomor 53 Polri Tahun 2023 tentang Pengangkatan Truna dan Taruni Akademi Tentara Nasional Indonesia dan Aakademi Kepolisian menjadi perwira Tentara Nasional Indonesia dan Perwira Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Pelantikan Perwira TNI-Polri tahun 2023 di Istana Merdeka Jakarta

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden
Tinjau Sejumlah Wilayah, Komjen Fadil Imran Pastikan Kesiapan Polri Amankan KTT WWF 2024 di Bali

Terdapat 833 perwira TNI-Polri yang dilantik. Mereka terdiri dari 357 calon perwira remaja atau Capaja Angkatan Darat, 94 orang Capaja Angkatan Laut, 11 Capaja Angkatan Udara.

Dengan pelantikan, para perwira remaja TNI akan menduduki pangkat Letnan Dua (Letda) TNI, sementara untuk perwira remaja Polri akan menerima pangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda). 

Ahok Sebut Gaji Ideal Warga yang Tinggal di Jakarta Minimal Rp 5 Juta

Lantas, berapa sih gaji pertama yang diterima? Dirangkum dari berbagai sumber, segini besaran gaji yang mereka terima usai jadi Perwira TNI Polri.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2019, besaran gaji yang akan diterima perwira remaja TNI dengan pangkat Letda masuk dalam golongan III (Perwira Pertama), gaji awalnya yakni sekitar Rp2.735.300.

Letda TNI Enzo Allie

Photo :
  • Tiktok

Sementara untuk perwira remaja Polri berpangkat Ipda yang juga masuk dalam golongan III (Perwira Pertama) juga akan menerima gaji awal sekitar Rp2.735.300. Gaji ini berdasarkan Peraturan Pemerintah No.17 Tahun 2019.

Selain gaji, para perwira remaja TNI-Polri juga akan mendapatkan sejumlah tunjangan seperti tunjangan istri/suami, tunjangan anak, tunjangan pangan/beras, tunjangan lauk pauk/ tunjangan jabatan structural/fungsional hingga tunjangan operasi keamanan.

Besaran tunjangan TNI dan Polri kurang lebih sama. Hanya yang membedakan yaitu Undang-Undang besaran tunjangan kerja (tukin). Nah untuk tukin, Perwira Remaja TNI-Polri ini akan masuk dalam golongan kelas jabatan, di mana besaran tukin yang akan diterima sebesar Rp3.319.000. Jika diakumulasikan antara gaji dan besaran tukin, pendapatan para perwira remaja TNI-Polri yakni Rp6.054.300 per bulan.

Besaran uang yang mereka terima itu belum total semua jika ditambahkan dengan tunjangan lain. Jadi, gaji Irfan Urane Aziz peraih Adhi Makayasa, anak Brigadir Jenderal (Brigjen) Mukti Juharsa yakni Ipda Muhammad Bima Dwi Mukti, dan Taruna Akmil keturunan Prancis yakni Enzo Zenz Allie akan menerima gaji sekitar Rp6 juta lebih, belum termasuk tunjangan lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya