Irjen Putu Jadi Waka BSSN, Hinsa Siburian: Tantangan di Bidang Siber Makin Kompleks

Irjen (Pol) Putu Jayan Danu Putra, resmi menjadi Wakil Kepala BSSN
Sumber :
  • istimewa

Jakarta - Mantan Kapolda Bali Irjen Putu Jayan resmi dilantik sebagai Wakil Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) pada Senin kemarin, 31 Juli 2023. Pelantikan dipimpin langsung oleh Kepala BSSN Letjen TNI (Purn) Hinsa Siburian di Auditorium dr. Roebiono Kertopati BSSN, Depok.

3 Faktor Cegah Operasi Intelijen Siber, Jangan Terbalik

Irjen Putu Jayan menggantikan posisi Komjen (Pol) Suntana, yang berpindah tugas sebagai Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Baintelkam) Polri. Adapun Putu Jayan sempat jabat sebagai Kapolda Bali masa tugas 2020-2023.

Hinsa menyampaikan dalam menjalankan tugas di bidang keamanan siber, pihaknya terus bersinergi dan berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan. Ia bilang tantangan saat ini makin kompleks seiring perkembangan pesat teknologi.

Suku Bunga BI Naik, Apindo Ungkap 3 Tantangan Ini Hantui Pengusaha

Irjen (Pol) Putu Jayan Danu Putra, resmi menjadi Wakil Kepala BSSN

Photo :
  • istimewa

Menurut dia, kinerja harus dipedomani merujuk keberhasilan pelaksanaan tugas dengan etos kerja keras. Selain itu, penting juga kerja cerdas yang tinggi dalam bingkai sinergi dan kolaborasi yang kuat, baik dengan internal maupun eksternal atau mitra BSSN.

Geger Seorang Remaja Alami Hal mengerikan Ini Gegara Ikut Challenge di Sosmed

“Tantangan tugas di bidang keamanan siber semakin kompleks seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di era revolusi industri 4.0," kata Hinsa, dalam keterangannya yang dikutip pada Selasa, 1 Agustus 2023.

Dia menyampaikan BSSN dituntut untuk mengamankan ekosistem ruang siber nasional, khususnya infrastruktur informasi vital yang meliputi sektor administrasi pemerintahan, energi dan sumber daya mineral, keuangan, kesehatan, pangan, hingga pertahanan.

Hinsa juga memberikan dukungan moril kepada Putu Jayan yang sudah mulai bertugas sebagai Wakil Kepala BSSN. Dia menurutkan tantangan dalam beberapa bulan ke depan ada beberapa agenda penting.

"Kita akan menghadapi KTT ASEAN, tahun depan kita juga akan menghadapi rangkaian pemilu. Tentunya saya yakin dengan pengalaman bapak Waka," lanjut Hinsa.

Dia meminta kepada jajaran BSSN bisa mendukung tugas dirinya bersama Putu Jayan dalam memimpin lembaga tersebut.

"Tentu saya berharap pada semua staf dan keluarga besar BSSN mari kita dukung Bapak Waka dalam melaksanakan tugas sehingga tugas pokok BSSN ini berjalan dengan baik," jelas Hinsa.

Pun, dia tak lupa menyampaikan terima kasih kepada Komjen Suntana, atas pengabdian selama bertugas di BSSN. Ia menuturkan selamat kepada Komjen Suntana yang mengemban jabatan baru sebagai Kepala Baintelkam.

“Saya dan keluarga Badan Siber dan Sandi Negara menyampaikan hormat dan terima kasih kepada Bapak Suntana beserta keluarga atas pelaksanaan tugas selama ini,” ujarnya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya