Mahfud MD: Banyak yang Laporkan Rocky Gerung ke Polisi, Bukan Hanya Delik Aduan

Menkopolhukam Mahfud MD
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

Surabaya - Menkopolhukam Mahfud MD menegaskan bahwa Presiden Jokowi tidak ajan mengadukan Rocky Gerung ke polisi terkait ujarannya yang dinilai banyak pihak menghina Jokowi. Tapi Mahfud tak bisa menghalangi siapa pun mau mengadukan itu ke polisi. Apalagi yang diadukan berkaitan dengan dugaan pelanggaran bukan delik aduan.

Terpopuler: Klarifikasi Om Albert, Jenderal Kesayangan Soeharto, dan Mobil Polisi Dibawa Kabur

"Kenapa Rocky Gerung? Biarkan berproses," kata Mahfud usai membuka FGD Sentra Gakkumdu di Kota Surabaya, Jawa Timur, pada Selasa, 8 Agustus 2023.

Dia menegaskan, Jokowi secara pribadi tidak akan mengadukan Rocky Gerung ke polisi. Itu dari sisi delik aduan. "Tetapi, kan, laporannya banyak, bukan hanya delik aduan. Saya tidak tahu yang mana nanti akan berlanjut ke pengadilan," ujar Mahfud.

Menguak Motif Epy Kusnandar Pakai Ganja

Aktivis dan pemerhati demokrasi Rocky Gerung saat jumpa pers

Photo :
  • Rocky Gerung Official

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu mengetahui bahwa banyak elemen yang mengadukan Rocky Gerung ke polisi, termasuk di daerah-daerah. "Tapi yang saya tahu pengaduannya bukan hanya delik aduan, tetapi delik-delik lain yang sekarang sedang diproses oleh Polri. Mudah-mudahan berjalan cukup baik," ucap Mahfud.

Polisi Sebut Mayat di Pamulang Ada Luka Gorok di Leher dan Jari Manis Putus

Rocky Gerung tengah jadi sorotan karena dituding menghina Presiden Jokowi saat berbicara di hadapan aktivis buruh beberapa waktu lalu. Ia pun dilaporkan sejumlah elemen masyarakat, termasuk DPD PDIP Jatim yang juga melaporkan Rocky ke Kepolisian Daerah (polda) setempat.

Laporan tersebut diajukan tim Badan Bantuan Hukum dan Advokasi Rakyat (BBHAR) PDIP Jatim ke Polda pada Selasa pekan lalu. "Laporan kami terkait pernyataan RG (Rocky Gerung) saat berorasi dalam acara rapat persiapan aksi aliansi sejuta buruh," kata Wakil Ketua Bidang Hukum DPD PDIP Jatim, Ida Bagus Nugroho, dalam keterangannya," Kamis, 3 Agustus 2023.

Orasi Rocky tersebut kemudian ditayangkan dalam saluran YouTube Refly Harun. Menjadi viral karena di momen tersebut Rocky menyebut Presiden Jokowi dengan kata diduga bernada penghinaan, yaitu Baj* dan Tol. Kader PDIP dan sebagian masyarakat geram atas pernyataan Rocky tersebut, hingga mengambil langkah hukum.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya