ARH Sepupu Mayor Dedi Laporkan Kanit Pidum Polrestabes Medan ke Propam

Kompol Teuku Fathir dan Penasehat Hukum Kodam I Bukit Barisan, Mayor Dedi H
Sumber :
  • istimewa

Sumatera Utara – Ahmad Rosyid Hasibuan (ARH) yang merupakan sepupu Mayor Dedi Hasibuan, ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan pemalsuan surat tanah. Ia kemudian membuat laporan ke Bidang Propam Polda Sumatera Utara, Selasa 8 Agustus 2023.

Truk TNI Melintas di Jalur CFD Jakarta, Kapendam Jaya Minta Maaf

ARH didampingi kuasa hukumnya, Henry Rianto Pakpahan melaporkan Kepala Unit Pidum Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Medan, AKP Wisnugraha Paramaartha, ke Bidang Propam Polda Sumut. Laporan tersebut, tertuang dengan nomor: STPL/135/VIII/2023/Propam.

"Kita melaporkan ketidakprofesionalan pihak kepolisian dalam proses penetapan tersangka. Dimana, saya keberatan total. Kita melaporkan AKP Wisnugraha Paramaartha," ucap Henry kepada wartawan di depan Gedung Bidang Propam Polda Sumut.

Heboh Oknum Polisi di Bulukumba Diduga Paksa Remaja Ngaku Jadi Kurir Narkoba

Kuasa Hukum ARH, Henry Rianto Pakpahan berikan keterangan pers di Polda Sumut

Photo :
  • VIVA/B.S. Putra

Henry menjelaskan alasan pihaknya melaporkan Kanit Pidum Satreskrim Polrestabes Medan. Pertama tidak ada dilakukan restorative justice untuk mendamaikan.

Detik-detik Satgas Tempur TNI Pukul Mundur Gerombolan OPM di Distrik Homeyo

"Kedua, Tidak konfrontir antara terlapor, pelapor dan saksi," tutur Henry.

Dalam kasus pemalsuan dokumen surat tanah tersebut, pelapor adalah Saptaji dan terlapor adalah Prof Pagar. Sedangkan, ARH hanya penghubung keduanya. 

"Pelapor Saptaji, terlapor Prof Pagar, kalien kita sebagai penghubung. Tidak masalah (kaitannya) dengan pemalsuan tandatangan surat," ucap Henry.

Sementara itu, Kepala Bidang Propam Propam Polda Sumut Kombes Pol. Dudung Adijono membenarkan laporan tersebut. Ia mengatakan siapa aja boleh membuat laporan terkait dengan kinerja anggota Polri.

"Siapa pun yang tidak mendapatkan dan merasa tidak diberikan keadilan dari anggota Polri ya silahkan lapor ke sini (Propam)," tutur Dudung.

Diberitakan sebelumnya, Puluhan anggota TNI Angkatan Darat (AD) dari Kodam I Bukit Barisan mendatangi Mako Polrestabes Medan di Jalan HM Said, Kota Medan, Sabtu siang, 5 Agustus 2023. Kedatangan prajurit TNI mempertanyakan penahanan terhadap seorang tersangka, berinsial ARH.

Berdasarkan informasi diperoleh puluhan personil TNI itu, menggunakan baju seragam loreng hijau dan hitam. Kemudian, ada juga prajurit menggunakan pakaian sipil.

Anggota TNI AD datangi Polrestabes Medan

Photo :
  • B.S Putra

Mereka mendatangi Gedung Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Medan, untuk mempertanyakan terkait dengan proses hukum dan penahanan terhadap ARH dalam kasus pemalsuan surat keterangan tanah.

Mayor Dedi Hasibuan sempat bertemu dengan Kepala Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Medan, Kompol. Teuku Fathir. Dilaporkan sempat terjadi ketegangan keduanya.

Mayor Dedi meminta kepada pihak kepolisian menangani kasus ARH untuk dapat memberikan penangguhan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya