Pendukung Prabowo di Jabar Dinilai Tetap Setia, Elektabilitas Masih Dominan

Ketua Dewan Pembina DPN HKTI Prabowo Subianto
Sumber :
  • istimewa

Jakarta – Masyarakat Jawa Barat dinilai masih melihat bakal calon presiden (capres) Prabowo Subianto seperti di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 lalu sebagai pemimpin berkarakter berani untuk memimpin Indonesia.

Prabowo Bilang Ada yang Ngaku Seolah Bung Karno Milik Satu Partai, Sekjen PDIP Merespons

Hal itu dikemukakan Pengamat Politik Universitas Padjadjaran Idil Akbar. "Masyarakat Jabar masih melihat Prabowo seperti Pilpres 2019, ingatan mereka masih kesana," kata Idil dikutip Senin, 14 Agustus 2023.

Lantaran itu, dia tidak heran apabila Prabowo masih menjadi capres terkuat di Jabar. Sebab, daerah tersebut sudah menjadi basis pendukung sejak Pilpres 2019 lalu. 

Elite Gerindra Sebut Khofifah-Emil Dardak Diharapkan Kembali Diusung di Pilkada Jawa Timur

"Kalau soal Prabowo menurut saya tidak mengejutkan jika tinggi di Jabar, karena Prabowo masih dominan, masih tertinggi dan masih konsisten di Jabar," ujar Idil.

Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

Photo :
  • Sherly/VIVA.
PDIP Beri Tugas Ganjar Bantu Pemenangan Pilkada 2024 setelah Kalah Pilpres

Selain kembalinya pendukung Prabowo yang sempat mendukung Anies Baswedan, menurut Idil, ada sebagian pendukung Prabowo di 2019 lalu yang kembali dari Ganjar Pranowo. 

Menurut Idil, ada sedikit pendukung Prabowo yang sempat ke Ganjar beberapa waktu lalu. Namun karena masalah kontroversi piala dunia membuat sebagian pendukung Ganjar juga kembali lagi ke Prabowo.

Hal tersebut, menurut Idil, menjadi faktor utama elektabilitas Prabowo di Jabar sangat konsisten dalam beberapa bulan belakangan ini. Itu membuktikan pendukung Prabowo di 2019 masih setia dan berkomitmen penuh untuk memenangkan Prabowo di Pilpres 2024 mendatang.

"Saat ini kalau ada kenaikan bagi Prabowo di Jabar itu karena orang-orang masyarakat Jabar itu mengalihkan suara yang dulu mungkin mendukung Ganjar Pranowo itu pindah ke Prabowo," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya