Dari Mozambik, Presiden Jokowi Lanjutkan Kunjungan Kenegaraan ke Afrika Selatan

Presiden Joko Widodo Tiba di Johannesburg Afrika Selatan
Sumber :
  • Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

Jakarta - Presiden Joko Widodo, melanjutkan kunjungan kenegaraannya di Benua Afrika yakni ke Afrika Selatan. Setelah berkunjung dan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Republik Mozambik, Filipe Nyusi, pada Rabu, 23 Agustus 2023.

Jokowi Tawarkan CEO Microsoft Bangun Pusat Riset Teknologi di IKN

Rombongan Presiden Jokowi mendarat di Johannesburg, Republik Afrika Selatan pada Rabu, 23 Agustus 2023. Jokowi menggunakan Pesawat Garuda Indonesia (GAIA-1). Begitu tiba, Jokowi disambut oleh Menteri Kehutanan, Perikanan dan Lingkungan Afrika Selatan, Barbara Creecy.

Selain itu, Manajer Senior Departemen Hubungan Internasional dan Kerja Sama (DIRCO) Afrika Selatan, Sindiswa Mququ, serta Duta Besar RI untuk Republik Afrika Selatan, Saud Purwanto Krisnawan bersama istrinya.

Politikus Muda PDIP: Jokowi Membakar Rumahnya Sendiri

Bukan cuma itu, Jokowi disambut dengan Tari Zulu yang merupakan tarian penyambutan dari Afrika Selatan. Setelah itu, Jokowi langsung bergerak menuju hotel tempat istirahat bersama rombongan.

Di hotel tersebut, Jokowi serta rombongan disambut oleh Konsul Jenderal RI Cape Town Tudiono bersama sejumlah masyarakat Indonesia di Afrika Selatan.

Temui Jokowi, CEO Microsoft Komitmen Kembangkan Bisnis Teknologi di Indonesia

Dalam kunjungannya, Jokowi didampingi Menteri Koordinator Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan; Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi; Sekretaris Kabinet, Pramono Anung.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Mozambik, Filipe Nyusi di Maputo pada Rabu, 23 Agustus 2023. Tentu, kata Jokowi, Indonesia akan terus komitmen untuk memperkuat kemitraan dengan Mozambik melalui kerja sama yang konkret, baik bidang ekonomi maupun pembangunan. 

“Terima kasih Yang Mulia Presiden Filipe Nyusi. Suatu kehormatan bagi saya berkunjung ke Mozambik membalas kunjungan Yang Mulia,” kata Jokowi.

Presiden Joko Widodo dengan Presiden Mozambik Filipe Nyusi

Photo :
  • Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

Menurut dia, ada beberapa hal yang dibahas dalam pertemuan dengan Presiden Mozambik diantaranya perdagangan. Sejak PTA Indonesia-Mozambik diterapkan tahun 2022, perdagangan naik signifikan yaitu 78 persen per Juni tahun 2023 ini.

“Kami telah sepakat untuk mengoptimalkan, memanfaatkan PTA untuk pelaku usaha melalui kerja sama antar kamar dagang. Selain itu, saya juga mendorong ekspor produk kereta oleh BUMN Indonesia ke Mozambik,” jelas dia.

Kemudian, Jokowi menyambut baik rencana investasi untuk pengelolaan gas oleh BUMN Indonesia dan perluasan investasi di sektor pembangkit listrik serta produksi dan penjualan distribusi gas oleh perusahaan swasta Indonesia. 

“Selain itu, saya juga menyambut baik rencana pembentukan bilateral investment treaty dan menugaskan menteri terkait untuk segera diselesaika,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya