TPST Sari Mukti di Bandung Kebakaran, BNPB Kerahkan Helikopter untuk Waterbombing

Operasi heli water bombing BNPB untuk memadamkan kebakaran di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Sari Mukti, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Jumat, 25 Agustus 2023.
Sumber :
  • ANTARA

Jakarta – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menargetkan tiga hari operasi helikopter waterbombing untuk memadamkan api di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Sari Mukti, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Ada Pemadaman Lampu 60 Menit di Jakarta Malam Ini, Simak Daftar Lokasinya

"Target operasi diasumsikan selama 3 hari atau sampai tidak ada lagi potensi api," ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangannya disiarkan di Jakarta, Jumat, 25 Agustus 2023.

Abdul memaparkan operasi pemadaman kebakaran sampah di TPST Sari Mukti sudah dimulai pada Jumat pukul 15.12 WIB. Target operasi hari ini (25/8) selama 2,5 jam, dengan kemampuan operasi 20 kali bombing dalam 1 jam.

Punya Banyak Proyek Properti di Bandung Raya, APLN Pede Kuasai Pasar Jawa Barat

Ilustrasi kebakaran.

Photo :
  • Pixabay

"Kapasitas angkut air sekali bombing sebanyak 4 ton, sehingga sore ini setidaknya 50 kali bombing x 4 ton, atau 200 ton air yang disiram ke lokasi kebakaran," kata Abdul.

Istri Wali Kota Bogor Ajak Masyarakat Dukung Produk Lokal

Satu unit heli water bombing diterjunkan guna menangani kebakaran di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Sari Mukti, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Jumat.

"Menindaklanjuti permintaan dari Gubernur Jawa Barat, hari ini satu unit heli water bombing BNPB sedang persiapan untuk melakukan pemadaman api dari udara di TPST Sari Mukti, Kabupaten Bandung Barat," ujar dia.

Ilustrasi Kebakaran Hutan dan Lahan.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Selain itu, Abdul mengatakan curah hujan yang sangat rendah juga memicu bahaya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Jabar. Sebanyak 15 wilayah administrasi kabupaten atau kota mengalami karhutla.

Teridentifikasi 39 kecamatan yang tersebar di 15 kabupaten terdampak karhula dari 1 Januari hingga 23 Agustus 2023. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya