Curah Hujan Tinggi, Batu Malin Kundang di Pantai Air Manis Padang Tenggelam

Batu Malin Kundang tenggelam air laut
Sumber :
  • VIVA/Andri Mardiansyah

Padang – Publik di Sumatera Barat, khususnya di Kota Padang, beberapa hari terakhir dihebohkan dengan menghilangnya batu Malin Kundang di atas permukaan pasir pantai kawasan objek wisata Pantai Air Manis lantaran tertutup genangan air laut yang meluap akibat dipicu curah hujan tinggi.

Ogah Pakai Pelampung, Bocah 6 Tahun di Cikarang Tewas Tenggelam di Kolam Renang

Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang, Yudi Indra Syani menyebut hujan deras yang melanda di kota Padang sejak 3 hari terakhir, menyebabkan terjadinya genangan air laut sehingga menyebabkan Batu Malin Kundang di objek Pantai Air Manis tenggelam.

"Jadi, memang selama ini untuk mengeluarkan air itu dibantu menggunakan pompa. Sayangnya pompa tersebut rusak," kata Yudi Indra Syani, Selasa 29 Agustus 2023.

Pusat Meteorologi UAE Bantah Hujan Ekstrem Dubai karena Modifikasi Cuaca

Yudi juga menjelaskan, pihaknya kini sedang melakukan evaluasi terkait genangan air yang mengakibatkan tenggelamnya objek wisata batu Malin Kundang itu.

Curah Hujan Ekstrem di Dubai Terparah dalam 75 Tahun, 18 Orang di Oman Tewas

"Saat ini sedang mencari cara lain yang bisa membuat air tersebut keluar atau dibuatkan salurannya agar air itu keluar tanpa dibantu menggunakan pompa lagi. Itu yang menjadi bahan evaluasi kita saat ini," ujar Yudi.

Dia bilang, selain mengevaluasi kondisi tersebut, pihaknya kini juga tengah berupaya memperbaiki pompa sehingga pengunjung objek wisata pantai Air Manis dapat kembali melihat Batu Malin Kundang. "Saat ini, pompa tersebut sedang diperbaiki," ujar Yudi Indra Syani.
 

Kota Shenzhen, Provinsi Guangdong, China.

Hampir Separuh Kota-kota Besar di Tiongkok Terancam Tenggelam, Ini Penyebabnya

Hampir separuh kota-kota besar di Tiongkok tenggelam akibat pengambilan air tanah dan beban bangunan serta infrastruktur perkotaan secara berlebihan.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024