Atasi Polusi Udara Jakarta, Anggota DPR Usulkan Panggil Rara Pawang Hujan

Polusi Udara Jakarta
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta –  Anggota Komisi IX DPR RI fraksi PDIP, Edy Wuryanto memberikan sejumlah rekomendasi yang dapat dilakukan pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dalam mengatasi masalah polusi udara

Lolos Jadi Anggota DPR, Denny Cagur Ungkap Kenangan Haru dengan Almarhumah Ibu

Pertama, Edy meminta Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin untuk melakukan kampanye masker secara masif kepada masyarakat. 

"Menurut saya, Pak Menteri perlu kampanye masker secara masif ini. Pak Menkes belum ada upaya pemakaian masker," ujar Edy dalam rapat kerja (raker) antara Komisi IX DPR RI dengan Menkes Budi Gunadi Sadikin, Rabu, 30 Agustus 2023. 

Denny Cagur Lolos Jadi Anggota DPR, Gimana Kariernya di Dunia Entertainment?

Menurut dia, pengendalian polusi udara secara teori memang dapat dilakukan salah satunya dengan menghemat emisi industri kendaraan bermotor. Namun, menurut Edy, ternyata hal itu sulit diimplementasikan.  

Polusi Udara di Jakarta.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Budi Gunadi Klaim Berhasil Jadi Menkes Karena Jokowi Tidak Pernah Masuk Rumah Sakit

Edy lantas memberikan usulan lain untuk pemerintah dalam mengatasi masalah polusi udara. Mulai dari mengurus pemindahan ibu kota negara (IKN) di Kalimantan Timur hingga memanggil Rara pawang hujan

Diketahui, Rara pernah dipanggil sebagai pawang hujan saat acara MotoGP di Sirkuit Mandalika pada tahun 2022 lalu. 

"Kita tinggal nunggu pawang hujan ya, Jakarta hujan, maka ISPA turun. Tapi kalau enggak ada hujan ya ISPA terus. Atau percepatan pindah IKN ini polusi udara di Jakarta bisa terkendali," ujar Edy.

"Atau mengundang pawang hujan yang dulu di Sirkuit Mandalika, itu kita bawa ke Jakarta biar hujan. Lalu polusi udaranya terkendali," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya