Survei: Strategi Raih Pemilih Jokowi Dongkrak Elektabilitas Prabowo Ungguli Ganjar dan Anies

Bakal Calon Presiden dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto
Sumber :
  • Tangkapan layar Gerindra Tv

Jakarta – Hasil survei terbaru Polling Institute menyebutkan elektabilitas bakal calon presiden (capres) Prabowo Subianto mengungguli bakal capres Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. Hal itu antara lain lantaran Menteri Pertahanan tersebut mendapatkan dukungan dari simpatisan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sekjen PDIP Sebut Megawati Cermati Presidential Club yang Digagas Prabowo

“Faktor pemicu keunggulan Prabowo dalam beberapa segmen demografi dan juga dalam tiap simulasi head to head melawan Ganjar maupun Anies tidak terlepas dari strategi Prabowo dalam merebut ceruk pemilih Presiden Jokowi,” kata Peneliti Polling Institute, Kennedy Muslim dikutip Senin, 11 September 2023.

Dalam survei yang diadakan Polling Institute periode 21-25 Agustus 2023, pada klaster demografi, Prabowo secara mayoritas mengungguli Ganjar dan Anies. Dari sisi usia kurang dari 21 tahun, Prabowo unggul dengan total dukungan mencapai 44,3 persen.

PDIP: Megawati Bertemu Prabowo pada 17 Agustus

Kemudian, pada usia milenial yakni 22 – 25 tahun, Prabowo berhasil memperoleh angka tertinggi dengan 43,3 persen. Sementara Ganjar memperoleh 36,0 persen dan Anies dengan 16,6 persen.

Prabowo Subianto.

Photo :
  • FB Valerie Yudistira Pramudya
Sekjen Gerindra: Prabowo Akan Menepati Janjinya setelah Dilantik

Kennedy mengatakan, Prabowo juga meraup dukungan dari klaster usia 26 – 40 tahun dengan total dukungan mencapai 38,4 persen. Di sisi lain, dalam simulasi head to head, Prabowo juga mengantongi keunggulan dari Ganjar yaitu 47,9 persen berbanding 38,3 persen.

Jika melawan Anies, Prabowo mendapatkan dukungan mayoritas yakni 56,0 persen berbanding 26,0 persen. Lantaran itu, Kennedy mengakui strategi yang dijalankan Prabowo terbukti mendongkrak perolehan elektabilitas menjelang Pilpres 2024.

Dengan berkomitmen melanjutkan program dan kebijakan Presiden Jokowi, menurut Kennedy, menjadi amunisi kuat bagi Prabowo untuk memenangkan Pilpres 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya