Sebelum Rempang, Xinyi Sempat Investasi di Gresik Tapi Belum Terealisasi

Indonesia-Xinyi glass collaborate to build glass and solar panel industry
Sumber :
  • Setkab.go.id

Gresik – Perhatian publik akhir-akhir tertuju pada kasus yang menimpa masyarakat Pulau Rempang. Mereka terpaksa harus direlokasi gegara tempat tinggalnya akan dibangun proyek Rempang Eco-City. Salah satu pihak yang akan berinvestasi adalah Xinyi Glass Holdings Ltd. 

Kebakaran Pabrik Rotan di Cirebon, Kerugian Capai Rp10 Miliar

Perusahaan asal China itu adalah sebuah pabrik raksasa yang khusus memproduksi kaca. Namun, baru-baru ini terungkap bahwa sebelum melakukan investasi di Pulau Rempang, Xinyi Glass Holdings rupanya sempat melakukan perjanjian dengan PT Berkah Manyar Sejahtera. 

Xinyi Glass Holdings memerintahkan anak perusahaannya yaitu PT Xinyi Glass Indonesia (XINYI) untuk melakukan pembelian tanah yang hendak dibangun untuk pabrik di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Java Integrated Industrial Port Estate (JIIPE). 

Wanita Cantik Ini Mengaku Dirampok dan Disekap, Ternyata Iphone dan Perhiasannya Digadaikan

Indonesia-Xinyi glass collaborate to build glass and solar panel industry

Photo :
  • Setkab.go.id

Mereka menggelontorkan investasi pertama sekitar US$700 juta atau sekitar Rp10,5 triliun. Direktur Utama Berkah Manyar Sejahtera (BMKS), Bambang Soetiono mengatakan, XINYI setuju membeli tanah untuk pembangunan pabrik di KEK JIIPE. 

Jokowi Tugasi Luhut Muluskan Rencana Investasi Apple di Indonesia

"Kami sangat senang dapat menandatangani Perjanjian Jual Beli Tanah dengan PT XINYI GLASS INDONESIA yang dibutuhkan untuk fasilitas produksi kaca di JIIPE. XINYI, merupakan investor asing ternama, yang akan membawa banyak manfaat, mendatangkan investasi asing yang sangat dibutuhkan dan juga produk berkelas dunia,” ungkapnya dilansir dari tvOnenews. 

“Kawasan Ekonomi Khusus JIIPE akan menyediakan semua fasilitas dan bantuan yang diperlukan kepada XINYI untuk membangun dan menjalankan fasilitas produksi Kaca juga menyediakan utilitas dan fasilitas kelas dunia untuk kegiatan produksi XINYI di Kawasan Ekonomi Khusus JIIPE,” lanjutnya. 

Groundbreaking Pembangunan Smelter PT Freeport Indonesia di KEK Gresik. (Ilustrasi)

Photo :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden

XINYI menandatangani perjanjian kerjasama dengan BMS untuk menyediakan berbagai kebutuhan seperti listrik, air, gas alam, pengolahan limbah, fasilitas telekomunikasi dan internet, serta infrastruktur untuk mendukung proyek produksi kaca XINYI. 

“Kami berterima kasih kepada pemegang saham PT AKR Corporindo Tbk dan Pelindo atas semua dukungan dan bimbingan yang diberikan kepada kami untuk mengembangkan KEK JIIPE dan memberikan fasilitas berkelas dunia kepada para pelanggan kami” tambah Bambang.

Xinyi Glass Holdings Ltd merupakan perusahaan yang bergerak di bidang produksi kaca mobil, elektronik, kaca float, dan lain sebagainya. Namun, proyek rencananya akan dibangun di Gresik itu sampai saat ini belum terealisasi. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya