KPK Pastikan Sudah Ada Tersangka di Dugaan Korupsi Kementan, Siapa Saja?

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri (kanan)
Sumber :
  • VIVA/Zendy Pradana

JakartaKomisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebut dalam dugaan kasus korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan) RI sudah ada tersangka yang telah ditetapkan. Kendati, KPK belum merincikan identitas tersangka itu.

Pejabat Eselon I Kementan Kompak Pakai Pin WTP Emas, Ternyata Dibeli Pakai Duit Sharing

"Seringkali sudah kami jelaskan bahwa siapa yang ditetapkan sebagai tersangka, konstruksi perkaranya seperti apa, pasti pada saatnya akan kami sampaikan," ujar Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri di gedung merah putih pada Jumat 29 Septemver 2023.

Ali menjelaskan kalau saat ini dugaan korupsi di Kementan RI sudah masuk ke tahap penyidikan. Artinya, setiap kasus yang ada di KPK jika sudah naik ke tahap penyidikan maka kasus itu sudah ada tersangkanya.

Diduga Ada Persekongkolan Jahat Pelaksanaan Lelang Barang Rampasan Benda Sita Korupsi Paket Saham

"Dalam proses penyidikan itu pasti kemudian pihak yg ditetapkan sebagai tersangka. namun siapa tersangka dan apakah pihak tersangka pada saatnya nanti kami akan umumkan," kata Ali.

Gedung KPK (Foto Ilustrasi)

Photo :
  • KPK.go.id
Selain Sandra Dewi, Ini Daftar Istri Tersangka Kasus Korupsi Timah yang Diperiksa Kejaksaan

Dikabarkan Mentan RI Jadi Tersangka

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan jika memang benar adanya tersangka dalam sebuah kasus korupsi pasti akan disampaikan.

"Sebagaimana yang sering kami sampaikan, KPK hanya akan sampaikan seluruh proses penanganan perkara secara utuh pada saatnya setelah semua proses penyidikan cukup dilakukan," kata Ali Kepada wartawan, Jumat 29 September 2023.

Dia menjelaskan sampai dengan saat ini KPK masih mengumpulkan sejumlah bukti lengkap. "Yang pasti pengumpulan bukti terus KPK lakukan," kata dia.

Sebelumnya diberitakan, Petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan penggeledahan terhadap kediaman rumah dinas Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo di Jalan Widya Chandra V nomor 28, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis 28 September 2023.

Tampak sejumlah orang yang merupakan petugas KPK mengeluarkan sebuah benda berbentuk mesin penghitung uang dari bagian bagasi mobil. Kemudian benda tersebut dibawa masuk ke dalam rumah Mentan.

Ali Fikri mengatakan pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan penggeledahan rumah dinas Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo di Kompleks Widya Chandra, Jakarta Pusat, Kamis 28 September 2023.

"Benar, ada kegiatan tim KPK di sana," ujarnya.

Ali mengaku belum bisa menjelaskan proses da hasil penggeledahan tersebut lantaran petugas masih bekerja di lapangan. "Kegiatan sedang berlangsung," ujarnya.

Syahrul Yasin Limpo pun sudah pernah dipanggil oleh KPK untuk menjalani proses pemeriksaan. Namun saat itu pemeriksaan Mentan RI hanya berkapasitas sebagai saksi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya