Kalapas Pondok Bambu Ungkap Kondisi Terkini Jessica Kumala Wongso

Jessica Wongso.
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube.

Jakarta – Kalapas Pondok Bambu Ade Agustina menceritakan perihal kondisi saat ini Jessica Kumala Wongso usai ditahan di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II A Pondok Bambu. Jessica ditahan karena menjadi pelaku pembunuhan berencana Wayan Mirna Salihin pada tahun 2016 silam.

Merinding! Masayu Anastasia Interaksi Sama Banyak Ular Piton dan Sanca Demi Totalitas Peran

"Kalau kondisi Jessica sejak saya bertugas selama kurang lebih 10 bulan ini dalam keadaan sehat baik dan tidak ada perlakuan spesial, baik dalam arti negatif atau positif. Semua WBP (warga binaan permasyarakatan) mendapat perlakuan yang salam dalam arti positif, menerima hak yang sama sesuai aturan," ujar Ade Agustina kepada wartawan pada Jumat 29 September 2023.

"Saya kira oleh pimpinan yang sebelumnya juga sama sebagaimana yang selama ini kami laksanakan," lanjutnya.

Sineas Bali, NTB, NTT, Merapat! Fesbul Buka Pendaftaran Seleksi Film Lokus 4

Jessica Kumala Wongso mengikuti sidang lanjutan di PN Jakarta Pusat

Photo :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Kemudian, Ade juga turut memberikan penjelasan soal wawancara Jessica di Lapas Pondok Bambu. Dia buka suara karena dalam film dokumenter pembunuhan berencana Mirna itu ada wawancara Jessica yang diduga dihentikan oleh petugas Lapas.

Film Keajaiban Air Mata Wanita Sajikan Keajaban dan Kehangatan

"Wawancara boleh saja yang berhubungan dan mendukung pada substansi program pembinaan karena memang itu yang sedang dilaksanakan," beber dia.

Namun, dia memastikan tak bisa bicara banyak soal salah satu scene di film dokumenter tersebut. Pasalnya, dia baru menjabat sebagai Kalapas Pondok Bambu selama 10 bulan.

"Karena saya saat adanya rekaman video atau film itu belum bertugas di Lapas Pondok Bambu. Jadi saya perlu melihat dulu dokumen dimaksud ya. Belum bisa memberikan komentar lainnya," ucapnya.

Diketahui, Kasus pembunuhan berencana Wayan Mirna Salihin yang dilakukan oleh Jessica Kumala Wongso pada tahun 2016 silam kembali mencuat lewat film dokumenter. Dalam film dokumenter tersebut, menampilkan perjalanan kasus pembunuhan berencana Wayan Mirna Salihin.

Kemudian, terlihat salah satu scene yang menyiarkan Jessica Kumala Wongso tengah di wawancara ketika berada di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II A Pondok Bambu.

Terdakwa kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin, Jessica Kumala Wongso menjalani sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Jakarta, Rabu, 10 Agustus 2016.

Photo :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

Saat itu, Jessica mulanya menjelaskan awal mula membunuh Mirna. Namun, saat memberikan keterangan terdengar suara pria memotong penjelasan dari Jessica.

Kendati demikian, tak diketahui secara pasti wawancara tersebut dilangsungkan. Momen itu pula diketahui pembikin film dokumenter itu tak diperbolehkan kembali mewawancarai Jessica.

Film dokumenter soal perjalanan kasus pembunuhan berencana Mirna itu saat ini sedang tayang di Netflix.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya