Kalapas Pondok Bambu Beri Penjelasan Soal Wawancara Jessica Wongso untuk Netflix

Dokumentar kisah kopi sianida Jessica Wongso bakal tayang di Netflix
Sumber :
  • IG @netflixid

Jakarta – Kasus pembunuhan berencana Wayan Mirna Salihin yang dilakukan oleh Jessica Kumala Wongso pada tahun 2016 silam kembali mencuat lewat film dokumenter Netflix. Dalam film dokumenter tersebut, menampilkan perjalanan kasus pembunuhan berencana Wayan Mirna Salihin.

Lee Jung Jae Umumkan “Squid Game 2” Akan Rilis Desember Tahun Ini

Kemudian, terlihat salah satu scene yang menyiarkan Jessica Kumala Wongso tengah di wawancara ketika berada di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II A Pondok Bambu.

Saat itu, Jessica mulanya menjelaskan awal mula membunuh Mirna. Namun, saat memberikan keterangan terdengar suara pria memotong penjelasan dari Jessica.

List Drakor Berbiaya Fantastis! Drama Gong Yoo-Song Hye Kyo 80 Miliar Won, Squid Game 2 Lebih Gede

Film dokumenter Ice Cold: Murder, Coffee, and Jessica Wongso

Photo :
  • Netflix

Kendati demikian, tak diketahui secara pasti wawancara tersebut dilangsungkan. Diketahui kru film dokumenter itu tak diperbolehkan kembali mewawancarai Jessica.

Sutradara Joko Anwar dan Yeon Sang-ho Bahas Soal Kisah-kisah Asia dalam Film Terbaru di Netflix

Kalapas Pondok Bambu, Ade Agustina, angkat suara terkait dengan salah satu adegan yang diduga tak membolehkan wawancara Jessica. Dia menyebut kalau sejatinya belum melihat film tersebut secara utuh sehingga belum bisa memberikan penjelasan rinci.

"Karena saya saat adanya rekaman video atau film itu belum bertugas di Lapas Pondok Bambu. Jadi saya perlu melihat dulu dokumen dimaksud ya. Belum bisa memberikan komentar lainnya," kata Ade saat dikonfirmasi wartawan, Jumat 29 September 2023.

Ade Agustina sendiri baru saja menjabat sebagai Kalapas Pondo Bambu sejak November 2022. Dia sebelumnya menjabat sebagai Kalapas Kelas II B Yogyakarta.

Selanjutnya, Ade menjelaskan kalau saat ini kondisi Jessica dalam keadaan baik. Dia memastikan tak ada perlakuan spesial yang diberikan untuk Jessica selama di tahahan di Lapas Pondok Bambu.

"Kalau kondisi Jessica sejak saya bertugas selama kurang lebih 10 bulan ini dalam keadaan sehat baik dan tidak ada perlakuan spesial, baik dalam arti negatif atau positif. Semua WBP (warga binaan permasyarakatan) mendapat perlakuan yang salam dalam arti positif, menerima hak yang sama sesuai aturan," ucap dia.

"Saya kira oleh pimpinan yang sebelumnya juga sama sebagaimana yang selama ini kami laksanakan," lanjutnya.

Izin wawancara

Jessica Wongso

Photo :

Lebih jauh, Ade menuturkan soal izin melakukan wawancara untuk tahanan di Lapas Pondok Bambu, termasuk Jessica Wongso. Sebutnya, wawancara itu bisa dilakukan selama berhubungan pada program pembinaan.

"Wawancara boleh saja yang berhubungan dan mendukung pada substansi program pembinaan karena memang itu yang sedang dilaksanakan," beber dia.

Sebelumnya, Film dokumenter yang berjudul Ice Cold: Murder, Coffee, and Jessica Wongso tersebut telah resmi tayang di Netflix sejak kemarin, Kamis, 28 September 2023. Film dokumenter ini mengulas kasus kontroversial yang pernah terjadi pada tahun 2016 lalu, yaitu  kasus kopi sianida yang merenggut nyawa Wayan Mirna Salihin.

Menariknya dalam film dokumenter tersebut, sejumlah orang diwawancara, termasuk ayah Wayan Mirna, Darmawan Salihin, para jaksa, pengacara Jessica, hingga sang terpidana, Jessica Kumala Wongso.

Jessica Diwawancara, Begini Penampakannya Sekarang

Terkait film dokumenter yang baru dirilis tersebut, Jessica Wongso yang kini mendekam di jeruji besi wanita ikut diwawancara secara online. Dalam rekaman itu, sahabat Mirna ini tampak memakai busana gelap yakni berwarna hitam dan menggunakan masker saat masuk ke dalam sebuah ruangan.

Rambut panjang Jessica terlihat diikat kebelakang dan membuat penampilannya lebih terlihat apa adanya selama berada di dalam jeruji besi. Terlihat wajah Jessica Wongso seperti bermuram durja menghadapi wawancara online yang dihadapinya saat itu.

Wajah Jessica Wongso yang dulu terlihat chubby kini semakin tirus. Jessica terlihat duduk di ruangan yang di dalamnya juga terdapat sejumlah orang yang duduk di belakangnya. 

Dalam rekaman tersebut, sang terpidana 20 tahun penjara ini pun nampak sesekali melambaikan tangan ke arah kamera.  Jessica yang awalnya memakai masker, saat diwawancara melepaskan maskernya.

Wajah tirusnya pun terlihat dengan jelas saat tengah melakukan wawancara online. Dalam rekaman tersebut juga terlihat wajah penuh pasrah menghadapi segudang pertanyaan yang diberikan secara online itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya