Longsor di Lokasi Penambangan Batu di Kabupaten Asahan, 2 Pekerja Tewas dan Satu Kritis

Penambang batu tewas di Sumatera Utara.
Sumber :
  • B.S Putra/ VIVA.

Sumatera Utara – Dua pekerja tewas di lokasi penambangan batu di Dusun II Bedeng 7 Desa Marjanji Aceh, Kecamatan Aek Songsongan, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara. Seorang pekerja lainnya mengalami luka berat alias kritis

Buka Pendaftaran Bakal Calon Kepala Daerah, Nasdem Sumut: Tanpa Mahar

Berdasarkan data diperoleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Asahan. Kedua korban tewas, masing-masing bernama Fahmi Hidayah (40) warga Dusun III, Desa Aek Nagaga, Kecamatan Rahuning, Kabupaten Asahan.

Kemudian, Suriyono (50) warga Dusun V, Desa Situnjak, Kecamatan Aek Songsongan, Kabupaten Asahan. Sedangkan korban kritis bernama Tarwin (40) warga Desa Persatuan, Kecamatan Pulau Rakyat, Kabupaten Asahan.

Ada Rp 48,5 Miliar Uang Milik Bupati Labuhanbatu yang Sudah Disita KPK

Contoh batu yang mengandung urat emas dari lubang tambang.

Photo :
  • VIVA / Harry Siswoyo (Bengkulu)

Kepala Bidang Kedaruratan Bencana BPBD Asahan Zulfahri Harahap menejelaskan, peristiwa longsor di penambangan batu terjadi, Jumat siang, 29 September 2023, sekitar 11.00 WIB. Mendapat informasi tersebut, pihaknya langsung turun ke lokasi tersebut.

BI Tegaskan Biaya Layanan QRIS 0,3 Persen Ditanggung Pedagang Bukan Konsumen

"Telah terjadi kejadian longsor di lokasi penambangan batu milik perorangan, mengakibatkan 2 orang korban meninggal dunia," jelas Zulfahri saat dikonfirmasi VIVA, Minggu pagi, 1 Oktober 2023.

Zulfahri mengungkapkan berdasarkan dihimpun dari Kepala Desa setempat, saat itu, terjadi aktivitas penambangan batu. Sedangkan, ketiga korban sedang bekerja memuat batu kedalam truk yang berada di lokasi.

"Tiba-tiba material batu yang berada di atas, longsor dan mengarah kepada korban yang berada di bawahnya," jelas Zulfahri.

Penambang batu tewas di Sumatera Utara.

Photo :
  • B.S Putra/ VIVA.

Zulfahri mengatakan ketiga korban berusaha untuk berlindung di balik truk. Namun karena, material longsor terus menimpa truk. Sehingga membuat truk bergeser dan menyebabkan 2 orang korban ada yang terjepit truk, dan ada yang tertimpa material hingga meninggal dunia di lokasi kejadian. 

"Satu orang korban lainnya mengalami luka serius. Karena, terhantam material pada bagian wajah dan kepala dan saat ini telah dibawa dan dirawat di Rumah Sakit terdekat," ucap Zulfahri.

Saat ini, penyebab terjadi longsor dan tewasnya dua pekerja di lokasi penambangan itu, tengah dilakukan penyelidikan oleh pihak kepolisian. Sedangkan, aktivitas penambangan batu di-stop sementara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya