Kabar Sopir Mentan SYL Diperiksa soal Dugaan Pemerasan Pimpinan KPK, Febri Diansyah Bilang Begini

Pengacara Febri Diansyah
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Kuasa hukum Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo alias SYL, yakni Febri Diansyah menyambangi Nasdem Tower pada Rabu malam, 4 Oktober 2023. Agenda Febri ke Nasdem Tower seiring dengan tibanya Syahrul di Indonesia

Ketua DPRD Jambi Edi Purwanto: Kami Siap Berantas Korupsi

Febri pun buka suara soal beredarnya kabar sopir Syahrul Limpo diperiksa penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya. Pemeriksaan itu terkait kasus dugaan pemerasan yang dilakukan oleh pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Tadi belum ada poin itu yang dimintakan kepada kami untuk dijelaskan ke publik saat ini," kata Febri kepada wartawan di Nasdem Tower, Kamis dini hari, 5 Oktober 2023.

Pelaku Curanmor Babak Belur Dihajar Warga Usai Kedapatan Dorong Motor Curian

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo Diperiksa KPK

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Febri hanya menjelaskan bahwa SYL akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana hari ini. "Saya diminta untuk menyampaikan bahwa besok (Kamis) Pak Mentan akan ke Istana menghadap Bapak Presiden," katanya.

Dugaan Penyebab Anggota Polresta Manado Tewas Bunuh Diri di Dalam Mobil Alphard

Meski demikian, Febri tak menjelaskan secara rinci, agenda pertemuan Syahrul Yasin Limpo dengan Presiden Jokowi. Ia pun memastikan, akan memberikan pendampingan hukum terhadap Syahrul Yasin Limpo.

"Tadi yang disampaikan ke kami adalah besok akan menghadap Bapak Presiden ke Istana. Jadi, itu yang baru bisa kami konfirmasi dan kami sampaikan hari ini. Yang pasti tim hukum ini akan mendampingi dalam proses hukum yang berjalan mulai hari ini ke depan di tahap penyidikan," ujar eks Jubir KPK tersebut.

Sopir pribadi Mentan SYL dikabarkan dipanggil penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya. Pemanggilan itu menyangkut kasus dugaan pemerasan yang dilakukan oleh pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Perihal kabar tersebut, Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Karyoto tak mau diwawancara saat ditemui di Markas Polda Metro Jaya. Pun, dengan Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Ade Safri Simanjuntak.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo Diperiksa KPK

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Ade Safri tak mau menanggapi perihal beredarnya surat panggilan itu. "Ada giat ada giat, ada kegiatan" ujar Ade.

Adapun surat panggilan yang beredar di kalangan awak media bernomor Nomor:B/10 339 MII/RES.3.3./2023/Ditreskrimsus diperuntukkan kepada sopir pribadi Mentan SYL. Surat panggilan juga sudah ditandatangani Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak pada 25 Agustus 2023.

Dalam surat itu, sopir SYL bernama Heru diminta menemui penyidik pada Senin 28 Agustus 2023 pukul 09.30 WIB di ruang pemeriksaan Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya. Maksud panggilan guna memberi klarifikasi soal kasus yang sedang ditangani Subdit V Tipidkor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya.

Polisi disebut tengah melakukan penyelidikan dugaan tindak pidana korupsi berupa pemerasan yang dilakukan pimpinan KPK dalam penanganan perkara di Kementerian Pertanian RI Tahun 2021.

Sangkaannya terkait Pasal 12 huruf e Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya